Nasional

Ojol Bersatu Peringati Setahun Demo Istana Demi Tarif Manusiawi & Payung Hukum

Manggadua Square, Ayonews

Minggu (17/3/2019), ribuan ojek online dari berbagai komunitas se Jabodetabek berkumpul dalam acara Gathering Akbar Ojol se Jabodetabek. Acara yang digagas oleh Gabungan Aksi Roda Dua (GARDA) bersama organisasi ojol TEKAB dan JOLIN bersatupadu menyatakan sikap bersama.

Menjelang memperingati satu tahun perjuangan ojol untuk mendapatkan tarif ojol yang manusiawi, tepatnya 27 Maret 2018, ribuan ojol GARDA melakukan aksi ke Istana Merdeka menuntut tarif yang manusiawi dan payung hukum kepada pemerintah.

Kala itu Presiden RI Jokowi langsung menerima perwakilan dari GARDA untuk menanyakan perihal permasalahan tuntutan ojol.

Menjelang satu tahun tuntutan GARDA ini, pemerintah telah melakukan langkah-langkah untuk memenuhi tuntutan.

“Adapun payung hukum telah dirumuskan dan diperkirakan April 2019 ini payung hukum ojol berupa Permenhub Sepeda Motor akan diterbitkan. Proses panjang ini melalui tahapan rekomendasi kesimpulan dari Komisi V DPR RI,” kata Ketua Garda Igun Wicaksono di tengah-tengah acara Gathering Ojol Jabodetabek.

Di tengah Gathering ini ribuan ojol melakukan deklarasi damai ojol sejabodetabek, sekaligus menyatakan sikap mendukung Permenhub Sepeda Motor dengan penerapan tarif dasar ojol Rp. 3000/Km.

Dalam konferensi pers usai Gathering, GARDA bersama elemen pendukung melakukan sosialisasi keselamatan berlalu lintas dalam program Millenial Road Safety Festival dari Satlantas Polres Metro Jakarta Utara dan sosialisasi kelengkapan surat-surat berkendara bermotor dari Samsat Jakarta Utara dan Jakarta Pusat.

Menurut Igun, sosialisasi ini juga menyangkut bahaya narkoba bagi masyarakat dan menjauhi narkoba dari para driver Ojol yang dilakukan oleh perwakilan BNN RI.

Igun berharap Permenhub Sepeda Motor yang akan diterbitkan oleh Kementerian Perhubungan RI nanti pro pada kepentingan ojol dalam menjamin kelangsungan ojol untuk melayani masyarakat dan mencari nafkah bagi keluarganya.(WRC Tekab)

Most Popular

To Top