Nasional

Tarif Makin Menyiksa, Demi Bertahan Hidup Para Ojol ini Bentuk Koperasi

Tangsel, Ayonews
Tarif driver Ojol makin menyiksa. Pemerintah tak berdaya. Aplikator pun terus semena-mena terhadap mitranya. Belum lagi ancaman putus mitra dan suspend membayang di depan mata.

“Dengan kondisi seperti ini banyak driver Ojol putus asa. Seperti tak ada harapan untuk meneruskan pekerjaan seperti ini. Karena itu kita menyiasatinya dengan membentuk koperasi,” kata Jaja, salah satu pentolan Ojol di wilayah Tangerang Raya, Minggu (10/3/2019).

Saat ditemui di sekretariat di wilayah Larangan, Tanggerang Kota, Jaja menjelaskan soal rencana pembentukan Koperasi Serba Usaha (KSU) Daring Tanggerang Raya.

Sementara itu, Iwan Roberto selaku pembina KSU memaparkan bahwa koperasi tersebut dimotori mutlak oleh para driver senior ojol dari berbagai wilayah Tangsel, Tangkot, Tangbar dan Tangkab.

“Pembentukan KSU ini didasari oleh rasa prihatin dengan tingginya biaya operasional Ojol, sementara tarif ojek online terus menurun,” ujarnya.

Menurut Iwan, bentuk usaha koperasi ini bertujuan untuk mengurangi biaya hidup yang makin tinggi baik.

“Ojol ini kebutuhannya tinggi. Biayaservis dan sparepart motornya serta kebutuhan sembako sehari hari. Agar mendapat harga yg lebih murah, maka perlu dibentuk koperasi, ” tutur Iwan yang juga bertugas sebagai salah satu tenaga ahli di MPR dan Caleg DPR RI dari PAN Dapil 3 Tanggerang Banten ini.

Sementara itu, Gito salah satu ketum organisasi ojol di Tangsel yakin bahwa koperasi ini akan didukung dan diikuti oleh rekan-rekannya.

“Ini pemberdayaan usaha rumahan untuk anggota dan keluarganya,” ujar Gito.

Gito yakin rencana ini bakal booming karena didukung driver 4 wilayah kotamadya di Tangerang.

Didukung dengan SDM yang memadai, lanjut Gito, dalam waktu dekat ini akan terealisasi.

“Setelah proses dan perizinannya rampung serta perekrutan anggota maka awal koperasi ini akan ditempatkan empat lokasi kantor, toko bahan sembako dan sparepart motor serta kebutuhan ojol di wilayah Tangsel, Tangkot, Tangbar dan Tangkab,” tutup Gito.(Irfan Sun/WRC Tangsel)

Most Popular

To Top