Internasional

Mengapa Hizbut Tahrir jadi Organisasi Terlarang di Banyak Negara?

Ayonews, Jakarta

Kalau kita baca di situs resminya, Hizbut Tahrir.or.id, disebutkan Hizbut Tahrir berdiri pada tahun 1953 di Al-Quds (Baitul Maqdis), Palestina. Gerakan ini awanya menitikberatkan perjuangan politik untuk membebaskan Palestina.

Tapi kemudian mereka menyadari bahwa tidak mungkin mampu merebut kekuasaan dari Israel di tanah Palestina. Kemudian gerakan politik ini melebarkan sayapnya ke seluruh dunia untuk membangkitkan umat di seluruh dunia agar menegakkan kembali Khilafah Islamiyah yang akan dipimpin oleh Kahlifah yang akan dipilih dari orang-orang hizbut Tahrir.

“Hizbut Tahrir, masih menurut situs resminya, merupakan organisasi politik, bukan organisasi kerohanian, bukan lembaga ilmiah, bukan lembaga pendidikan (akademis), dan bukan pula lembaga sosial. Karena Hizbut Tahrir merupakan organisasi politik maka mereka mempunyai kepentigan untuk merebut kekuasan di negeri di mana mereka berada,” papar politisi Partai Hanura, Inas Nasrullah Zubir di Jakarta, Rabu (21/11/2018).

Tujuan hizbut tahrir, terang Inas, sudah cukup jelas, yakni berdakwah demi duniawi yang namanya politik untuk mempengaruhi umat agar mau kembali ke sistem pemerintahan Khilafah.

“Dalam sistem khilafah, hukum Islam dan risalah Islam mengganti hukum dan UU yang dibuat oleh manusia. Tapi pimpinan negara alias Khalifah serta seluruh perangkat pemerintahan-nya dikuasai Hizbut Tahrir,” tambahnya.

Sayangnya, lanjut Inas, Hizbut Tahrir kerap kali menerapkan cara-cara licik yang tidak mau berlelah-lelah berkompetisi dalam pesta demokrasi pemilihan umum dalam sebuah negara.

“Mereka selalu menggunakan Islam sebagai proaganda politik. Namun cara-cara itu sudah tercium oleh pemerintahan di berbagai negara. Kemudian muncullah larangan keberadaan Hizbut Tahrir,” ucapnya.

“Sistem khilafah yang mereka agung-agungkan adalah sistem pemerintahan yang gagal. Jauh dari sesuai syariat Islam, karena sarat dengan kolusi, korupsi dan nepotisme,” tambah Inas.(Agung/WRC Karawang)

Most Popular

To Top