Nasional

Gelar Baksos, Komunitas Ojol Tasik Bantu Kakek Tuna Daksa yang Rumahnya Mau Rubuh

Ayonews, Tasikmalaya

Bertahun-tahun Dahlan hidup sendiri. Ia tinggal di sebuah rumah gubuk. Tak cuma reot, bangunan tua itu ditiup angin kencang pasti langsung rubuh.

Kondisi kakek berusia 75 tahun ini memprihatinkan. Tak cuma hidup dalam kemiskinan, warga Dusun Galonggong, Cilangkap, Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya ini menderita cacat tuna daksa.

Sejak setahun lalu, tepatnya 2017, sudah ada perhatian dari pemerintah daerah dengan kondisi Dahlan. Terutama rumahnya yang sudah tak layak untuk dihuni.

Begini kondisi rumah Dahlan, kakek Tuna daksa di Kampung Galonggong, Cilangkap, Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya yang mau rubuh. Foto: Ujang Muhsin

Sayangnya, bantuan yang diberikan pemerintah setempat terlalu lama terealisasi. Dahlan harus bertahan hidup dibawah terik panas, dingin yang berkecamuk, dan derasnya hujan yang datang sewaktu-waktu.

Rasa simpati dan prihatin dari banyak kalangan dengan kondisi Dahlan, akhirnya membuahkan hasil. Belum lama ini bantuan dari pemerintah daerah pun turun.

Jumlahnya tidak besar. Hanya 7 juta rupiah untuk merenovasi gubuk reotnya. Memang tak cukup. Tapi bantuan swadaya masyarakat dan komunitas ojek online Tasikmalaya sedikit banyaj dapat meringankan beban hidupnya.

Uang sebanyak itu sudah dibelanjakan bahan bangunan. Rumah Dahlan pun mulai dibongkar. Warga setempat bahu membahu bergotong-royong membangun rumah Dahlan.

Entah berapa lama rumah itu terbangun. Kondisi Dahlan tetap saja memprihatinkan. Kini, tak hanya sandang, pangan pun menjadi masalah. Dahlan tetap kelaparan meski rumahnya dibangun.

Kondisi Dahlan mengundang rasa prihatin dari beberapa komunitas Ojol dari Tasikmalaya. Hardline, GSBC, Gaproek, Cigor, BR, D’Cos spontanitas turun tangan membantu Dahlan dalam kegiatan bhakti sosial.

Hari ini, Minggu (28/10/2018), para driver dari komunitas-komunitas itu bersilaturahmi ke rumah Dahlan. Dengan membawa veras,vmie instan, minyak sayur kemasan dan uang cash, mereka membantu meringankan beban Dahlan.(Yulianus Zebua/Ujang Muhsin WRC Tasikmalaya)

Most Popular

To Top