Politik

MUI Banten Tak Akui Eksistensi Habib Rizieq jadi Imam Besar Umat Islam

Ayonews, Jakarta
Sekelompok orang mengangkat Rizieq Shihab sebagai Imam Besar Umat Islam. Namun, sampai hari ini pengangkatan itu masih menjadi polemic. Bahkan MUI Banten tidak mengakui eksistensi Rizieq Shihab, pemimpin Front Pembela Islam (FPI), yang dikukuhkan sebagai Imam Besar Umat Islam.

Ketua MUI Banten, AM Romly mengatakan, tak pernah dikenal istilah imam besar umat Islam dalam sejarah nusantara. Begitu juga tidak ada tuntunan ataupun ajaran yang menganjurkan seperti itu.

Terminologi imam ada dalam sholat tapi tidak pernah dikenal dalam tradisi Islam tentang imam besar pemimpin umat. Bahkan ketika ditelusuri dalam sejarah Islam awal-pun, nampaknya istilah ini tidak akan pernah ditemukan.

Istilah “imam” lebih berkonotasi “pemimpin”, pemimpin dalam kalangan atau kelompok tertentu yang tidak bisa dihubungkan apalagi dikaitkan dengan seluruh umat Islam.

Istilah-istilah yang merujuk kepada kepemimpinan dalam Islam secara historis, lanjut Romly, lebih banyak ditemukan paska wafatnya Nabi Muhammad saw, tapi dalam konteks tradisi politik Islam yang memunculkan berbagai istilah kepemimpinan (politik) untuk menggantikan posisi Rasulullah SAW, yakni khalifah, amir, imam besar atau sultan.

“Khalifah, amir dan sultan digunakan dalam jabatan pimpinan negara. Sedangkan imam besar digunakan oleh golongan Syiah, Katolik Ortodoks dan agama paganism,” kata Romly.(Agung/WRC Karawang)

Most Popular

To Top