Nasional

Bukan Mau Demo, Apalagi Makar, Puluhan Ribu Ojol Berdangdut Ria di Ragunan

Ayonews, Jakarta
Dari Selasa (11/9/2018) hingga sore hari, Ragunan, Jakarta Selatan, menghijau. Ribuan orang menyesaki area perkemahan di wilayah selatan ibukota.

Ya, dengan pakaian hijau-hijau yang khas, ribuan, bahkan puluhan ribu driver ojek online dari berbagai penjuru Jabodetabek berdatangan. Sambil berkonvoi menggunakan kendaraan roda dua, mereka membawa bendera dan berbagai atribut basecamp, tempat sehari-hari bernaung.

Mereka bukan mau berdemo, apalagi mau tawuran. Rombongan itu tampak tertib memasuki area perkemahan. Ribuan ojol ini hadir untuk bersenang-senang.

“Undangan anniversary URC Jakarta Selatan,” kata Qinoy, ojol dari Basecamp Patriot, Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan.

Tak hanya dari basecamp-basecamp yang ada di Jabodetabek. Para utusan daerah di mana ada aplikasi ojek online pun hadir ikut memeriahkan acara ulangtahun grup URC Jakarta Selatan.

Tampak terlihat spanduk asal daerah mereka masing-masing. Ada yang dari Cianjur, Bandung, Subang, Purwakarta, Serang, Cirebon. Bahkan ada yang datang dari Surabaya, Semarang, Bali, Palembang.

Pengurus DPP Tekab Indonesia saat hadir acara anniversary URC Jakarta Selatan, Selasa (11/9/2018). Foto: Sugiharto

“Sudah tradisi, kalau ada basecamp ojol lagi ulang tahun, basecamp-basecamp ojol dari penjuru tanah air pasti ada perwakilan yang datang,” terang Wahyu driver Gojek dari Basecamp Plat DK Bali.

Acara anniversary URC itu berlangsung ramai. Tak hanya acara perkenalan dari perwakilan basecamp, acara itu juga meriah dengan adanya pembagian door prize, dangdutan bersama dan sebagainya.

“Hampir tiap Minggu ada saja acara serupa. Yah, ini demi menjalin persahabatan, persaudaraan, menjunjung kekompakan. Sama-sama saling merasa sebagai pejuang aspal, pejuang keluarga, sama-sama hidup di jalanan. Jadi ketika saudara kita menderita, kita merasakan sama. Nah saat, ada saudara kita senang, kita pun diundang untuk bersenang-senang,” tutur Sugiharto, Ketua Tekab Tangerang Kota.

Ditanya soal anggaran dan biaya, pria paruh baya yang akrab disapa Aki ini mengatakan bahwa semua dilakukan swadaya.

“Tiap wadah atau basecamp itu kan banyak anggotanya. Ada iuran bulanan. Walaupun nyumbang sedikit, tapi ternyata lebih dari cukup untuk menggelar sebuah acara seperti ini,” tuturnya.

Ari Nurprianto, Ketua Umum Tekab Indonesia memberi apresiasi kepada URC Jakarta Selatan atas terselenggaranya acara tersebut sehingga berlangsung meriah.

“URC ini dibentuk untuk menolong dan membantu sesama pengemudi ojek online di mana pun, siapa pun, dari wadah mana pun ketika mengalami musibah atau kecelakaan saat mencari nafkah di jalanan,” ujar Ari.

Menurut Ari keberadaan URC ini sangat penting. Dengan URC inilah, ketika ada driver yang mengalami masalah di jalanan, kecelakaan, kendaraannya rusak, dengan cepat dan tanggap dibantu Tim URC.

“Dalam praktiknya, masyarkat biasa pun yang mengalami korban lalu lintas di jalan, TIM URC seringkali turun tangan ikut membantu aparat Satlantas,” jelas Ari.

Sebagai sebuah organisasi yang berusaha melindungi seluruh driver online roda dua, Tekab Indonesia, tegas Ari, akan terus berjuang memberikan perlindungan hukum semaksimal mungkin kepada para ojol.

“Termasuk terus menggugat tarif semena-mena para aplikator, seperti Gojek dan Grab. Mereka terus seenak perutnya memeras darah dan keringat driver ojol yang telah memberikan kekayaan kepada kedua aplikator itu,” tandasnya

Di acara Anniversary ini, lanjut Ari, menjadi wadah pertemuan antarbasecamp ojol dari seluruh Indonesia untuk saling bersilaturahmi, berdiskusi, membahas masa depan para pejuang keluarga ini.

“Satu visi, satu misi demi kemajuan bersama. Semoga Ojol tetap kompak. Tetap dalam satu barisan melawan adanya ketidakadilan para aplikator di negeri ini. Hidup Ojol…Selamatkan Ojol…” serunya.(***)

Most Popular

To Top