Nasional

Survei LSI Denny JA di Medsos: Jokowi-Maruf 48,3%, Prabowo-Sandi 39,5%

Ilustrasi, Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA.

JAKARTA, Ayonews.com – Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis survei terbarunya terhadap bakal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres). Sumber survei tersebut dari para pengguna media sosial (medsos).

Hasilnya, elektabilitas pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Maruf Amin 48,3 persen. Sementara Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno 39,5 persen. Pengguna medsos yang memutuskan belum memilih 12,2 persen.

“Di kalangan pengguna medsos, selisih Jokowi-Maruf dengan Prabowo-Sandi unggul tipis 8,8 persen,” ujar peneliti LSI, Ardian Sopa di Kantor LSI Dennya JA, Jakarta Timur, Rabu (5/9/2018).

Dia menuturkan, dari tiga medsos yang digunakan oleh masyarakat, hanya 28,5 persen yang menggunakan. Sedangkan masyarakat yang bukan pengguna medsos sebanyak 71,5 persen

“Dinamika dukungan di kalangan pengguna medsos akan lebih cepat berubah dan liar karena pertarungan paling intens terjadi di segmen ini,” tuturnya.

Pihaknya juga melakukan survei di kalangan bukan pengguna medsos. Hasilnya, pasangan Jokowi-Maruf Amin unggul dengan angka 53,7 persen, sedangkan Prabowo-Sandi meraup angka 25,5 persen.

“Sisanya 20,8 persen menyatakan rahasia atau belum memutuskan, tidak tahu dan tidak jawab. Selisihnya sebesar 28,2 persen,” terangnya.

Pada survei kali ini, LSI Denny JA menggunakan metodologi survei multistage random sampling dengan jumlah responden 1.200 responden. Pengumpulan data dilakukan 12-19 Agustus 2018.

Survei juga menggunakan wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner, dengan margin of error 2,9 persen. Pengumpulan data juga dilengkapi dengan Focus Group Discussion, analisis media dan indepth interview.

Most Popular

To Top