Liputan Khusus

Jelang Asian Para Games, Anies Audit Sarana Umum Tak Ramah Disabilitas

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Asian Para Games

JAKARTA, Ayonews.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta ingin memastikan sarana dan prasaran ramah bagi penyandang disabilitas menjelang Asian Para Games 2018. Gubernur Anies Baswedan akan intens mengaudit titik-titik yang dinilai belum mendukung disabilitas.

“Sekarang lagi proses bahwa fasilitas kita semuanya ramah bagi para penyandang disabilitas. Kita sedang melakukan audit untuk kawasan-kawasan yang akan digunakan untuk para atlet Para Games agar semuanya ramah disabilitas,” kata Anies di Balai Kota Jakarta, Rabu (5/8/2018).

Dia meminta jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI memanfaatkan momentum Asian Para Games untuk membenahi fasilitas yang dinilai belum ramah disabilitas. Misalnya, halte Transjakarta, perkantoran, dan fasilitas umum lain.

“Untuk menjadikan momentum ini bagi pemerintah daerah, SKPD, dan BUMD memastikan seluruh fasilitasnya adalah fasilitas yang ramah bagi penyandang disabilitas,” ucap dia.

Anies tidak ingin Jakarta sebagai tuan rumah Asian Para Games dilihat masyarakat dunia tidak ramah disabilitas. Menurut dia, Asian Para Games bukan saja soal olahraga, namun juga kesetaraan berkewarganegaraan.

“Jangan ini semata-mata sebagai sebuah kegiatan olahraga tapi manfaatkan ini sebagai momentum untuk mengubah apa yang menjadi kebiasaan yang sering menganggap hanya untuk masyarakat umum, tapi penyandang disabilitas tak terfasilitasi. Itu harus diubah,” ucap Anies.

editor:daru virgo

Most Popular

To Top