Nasional

BPBD Jabar Nyatakan 22 Kabupaten/Kota Terdampak Kekeringan

Petani memompa air di telaga yang mulai mengering di Balongan, Indramayu, Jawa Barat, (Foto: Antara/Dedhez Anggara).

BANDUNG, Ayonews.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat (Jabar) menyatakan 22 kabupaten/kota di wilayahnya terdampak kekeringan. Selain itu sebanyak 286.802 kepala keluarga juga kekurangan pasokan air bersih sejak Agustus 2018.

Pusdalops BPBD Jabar Budi Budiman mengatakan, hingga Rabu (5/9/2018) wilayah yang terdampak kekeringan yakni Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kabupaten Puwarkarta, Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Bandung Barat.

Kemudian Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Indramayu, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Kabupaten Kuningan, Kota Banjar, Kabupaten Ciamis, serta Kabupaten Pangandaran.

“Kekeringan ini dipicu oleh kemarau panjang yang terjadi sepanjang 2018. Hal ini juga menyebabkan 41.946 hektare lahan mengalami kekeringan. Pemerintah provinsi (pemprov) melalui SK Gubernur Jabar sudah menetapkan siaga darurat kekeringan sejak 1 Agustus sampai 31 Oktober,” kata Budi.

Dia menjelaskan guna minimalisir dampak kekeringan, BPBD bersama pemerintah daerah setempat telah menyalurkan bantuan air bersih hingga 4.307.915 liter kepada seluruh warga yang terdampak.

“BPBD Kabupaten/kota juga selalu berkoordinasi dengan instansi terkait untuk kekeringan yang berdampak pada lahan pertanian,” ujarnya.(san)

editor:daru virgo

Most Popular

To Top