Internasional

Selain Bos Djarum, Ini 5 Orang Kaya Dunia yang Hobi Main Bridge

Warren Buffet (kanan) bersama Bill Gates (kiri) bermain bridge. (Foto: AFP)

JAKARTA, Ayonews.com – Orang kaya biasanya identik dengan olahraga golf atau tenis. Namun, tidak bagi Michael Hartono, orang terkaya di Indonesia yang gemar bermain kartu atau bridge.

Bos Grup Djarum yang juga menggenggam saham mayoritas Bank BCA itu mengenal permainan bridge saat berusia enam tahun. Hobi tersebut terus bertahan hingga usianya kini menginjak 87 tahun.

Michael mengungkapkan, alasan mengapa dirinya terus bermain bridge hingga tua. Menurut pria dengan kekayaan 16,7 miliar dolar AS itu, bridge membantu mengasah instingnya dalam berbisnis.

“Bridge itu seperti bisnis. Pertama Anda cari data dan informasi, lalu analisis informasi, dan kemudian Anda buat keputusan. Jadi, bisnis, kehidupan nyata, dan bridge adalah sama,” ujarnya.

Namun, bukan hanya Michael yang menggemari bridge. Sejumlah tokoh-tokoh dunia, termasuk miliarder juga menggemari olahraga yang mengandalkan otak ini. Berikut di antaranya yang dirangkum Ayonews.com dari berbagai sumber:

1. Warren Buffett

Buffett merupakan miliarder yang kaya dari dunia saham. Pendiri Berkshire Hathaway itu dikenal gemar bermain bridge selain memetik instrumen musik ukulele.

Reputasinya sebagai pemain bridge tak diragukan lagi. Orang terkaya nomor tiga dunia setelah Jeff Bezos dan Bill Gates itu mengaku sangat menikmati permainan itu karena dianggapnya sebagai olahraga terbaik melatih otak.

Pria berusia 87 tahun itu mengaku rutin bermain bridge hingga delapan jam seminggu dengan rincian empat sesi seminggu dan setiap sesi bermain dua jam.

“Jika saya sedang bermain bridge dan ada perempuan telanjang lewat, saya tidak akan melihatnya,” kata pria dengan kekayaan 84 miliar dolar AS itu.

2. Bill Gates

Selain menggilai tenis, orang terkaya nomor dua di dunia ini juga mengaku senang bermain bridge. Dia mengenal bridge saat masih kecil dan kemudian masih terus memainkannya, terlebih saat mengenal Warren Buffett. Kedua miliarder ini sama-sama dikenal sebagai filantrofis yang gemar main bridge.

“Orang yang pertama kali mengajari saya main bridge adalah orangtua. Tapi, saya benar-benar menikmati permainan ini setelah bermain dengan Warren Buffet,” kata Gates.

Pendiri Microsoft itu selalu menyempatkan bermain bridge saat bertemu dengan Buffett. Pernah suatu waktu saat Gates bersama Buffet mengadakan perjalanan bersama pasangan ke China tahun 1995, mereka memilih bermain bridge saat yang lain menikmati pemandangan. Bahkan, mereka tetap bermain saat di bus dengan meletakkan kartu di paha mereka.

3. Charlie Munger

Charles Thomas Munger adalah sahabat sekaligus mitra bisnis Warren Buffett di Berkshire Hathaway. Usianya lebih tua dari Buffett karena 1 Januari lalu Charlie berulang tahun ke-94.

Buffett menyebut sahabatnya itu telah bermain bridge selama 40 tahun meski tidak sefanatik dirinya. Charlie disebutnya juga tidak terlalu menguasai banyak sistem bridge. Namun, kata Buffett, Charlie sangat jenius saat bermain.

Charlie pernah mengatakan, kesuksesannya dalam berinvestasi dipengaruhi caranya bermain bridge. Namun, pria dengan kekayaan 1,7 miliar dolar AS itu menyarankan supaya orang-orang berinvestasi seperti Richard Zeckhause, Profesor Harvard bermain bridge.

4. David Einhorn

David merupakan hedge fund manager terkaya nomor 18 dunia dengan total kekayaan 1,3 miliar dolar AS.

Kecintaannya pada bridge tak perlu dipertanyakan. Pria berusia 49 tahun ini kerap ikut dalam turnamen bridge dan juga terlibat dalam kejuaraan poker dunia. Pada 2012, David menang dalam turnamen poker dunia dan menyumbangkan seluruh uang yang dimenanginya senilai 4,3 juta dolar AS ke yayasan amal.

5. Rajat Gupta

Perjalanan hidup pebisnis berdarah India-Amerika ini cukup berliku. Bekas bos McKinsey & Company itu baru saja dibebaskan tahun lalu setelah dipenjara selama 2 tahun karena terbukti melakukan insider trading.

Pria yang pada 2012 diketahui memiliki kekayaan 84 juta dolar AS itu dikenal gemar bermain kartu dan board games seperti Scrabble dan Pictionary. Tak hanya itu, pria berusia 46 tahun ini merupakan pemain bridge yang fanatik.(val)

Most Popular

To Top