Hukum & Kriminal

Gelapkan 5 Mobil Buat Modal Nyaleg, Ketua DPC Partai Perindo ini Ditangkap Tim Driver Online R4

Ayonews, Tasikmalaya
Modus kejahatan pelaku ini terbilang baru.  Sasarannya para driver Gocar dan Grabcar.  Dengan iming-iming kontrak atau sewa kendaraan selama sebulan, kendaraan para driver online roda empat ini digelapkan.

Adalah Tono Taryono.  Dia mengaku sebagai Ketua DPC Partai Perindo Cibalong bidang Pemuda Penggerak Generasi Bangsa.  Ini dibuktikan dengan beberapa lembar kartu nama dan id card yang berhasil diamankan para driver online saat ditangkap.

Diduga, Tono Ini menjadi anggota sindikat komplotan penggelapan  kendaraan roda empat di kawasan Tasikmalaya dan sekitarnya.

“Saat diamankan tim driver online R4 pelaku mengaku uang hasil kejahatannya buat kebutuhan Nyaleg di 2019 mendatang, ” ungkap Sigit,  salah saat korban kejahatan Tono.

Kepada Ayonews, Sigit mengungkapkan,  dirinya menjadi korban aksi kejahatan Tono Taryono bermula saat sebulan lalu ia menerima order melalui aplikasi Grabcarnya.

” Awalnya saya nggak curiga apa-apa terhadap pelaku. Namanya juga customer waktu ngajak ngobrol ya kita layani, ” ujarnya.

Dalam kesempatan itu,  lanjut Sigit, pelaku yang kemudian ia kenal bernama Tono Taryono mengenalkan dirinya sebagai kader Partai Perindo.

Bahkan ia memberikan kartu nama yang menyebutkan kalau dia menjabat sebagai Ketua DPC Cibalong Bidang Pemuda Penggerak Generasi Bangsa dan menjadi Calon Legislatif (Caleg) dari Partai Perindo Dapil VI Kabupaten Tasikmalaya.

“Nah kemudian di sela-sela obrolan,  pelaku menawarkan kerja sama sewa kendaraan. Pelaku minat mobil Ayla yang saya kendarai untuk sewa bulanan. Katanya buat kegiatan partai, ” paparnya.

Untuk meyakinkan Sigit, Tono menyatakan siap membuat perjanjian hitam di atas putih berikut uang muka sewa dan pelunasan di akhir bulan.

” Saya kayak kena hipnotis. Mau aja dengan tawaran itu. Padahal baru kenal.  Saya dengan mudah memberikan kendaraan saya ke pelaku, ” jelasnya.

Sebulan berlalu, Sigit menagih pelunasan sewa kepada Tono dan menanyakan kontrak selanjutnya. Ternyata Tono terus berkelit,  bahkan menghilang dengan menonaktifkan no hapenya.

” Saya mulai curiga. Bersama tim pemburu yang terdiri dari para driver online roda empat mencari pelaku. Akhirnya setelah beberapa minggu mencari, pelaku berhasil ditangkap oleh tim di rumah kontrakannya di Jl Letjen Mashudi, Cibereum, ” terang Sigit.

Kepada tim penangkap, sambung Sigit, pelaku mengaku sudah menggelapkan empat kendaraan lainnya milik sopir online roda empat. Di antaranya mobil jenis Jazz, Grandmax, Mobilio, Agya dan Ayla milik Sigit.

Setelah itu, pelaku diserahkan tim ke petugas Polres Tasikmalaya untuk penyelidikan lebih lanjut.

” Ternyata mobil digadai Di wilayah Cipatujah kepada seseorang. Masih diselidiki polisi siapa penadahnya.  Mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa ditangkap penadahnya dan mobil saya bisa kembali, ” kata Sigit.

Sementara itu,  saat disambangi untuk konfirmasi kebenaran bahwa pelaku jadi salah satu Ketua DPC,  kantor Partai Perindo Tasikmalaya dalam keadaan sepi. Tak ada satu pun pengurus untuk dikonfirmasi kabar tersebut.(Ujang Muhsin dan Yanus/WRC Jakbar dan Tasikmalaya)

Most Popular

To Top