Nasional

Nicke Widyawati Jabat Dirut Pertamina

Direktur Utama Pertamina yang baru Nicke Widyawati.

JAKARTA, Ayonews.com – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memanggil jajaran Direksi dan Komisaris PT Pertamina (Persero) pagi ini. Pemanggilan ini dalam rangka pengangkatan Nicke Widyawati sebagai Direktur Utama perusahaan pelat merah sektor minyak dan gas bumi (migas) tersebut.

Vice President and Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito membenarkan adanya kegiatan pengangkatan tersebut. Pasalnya, seluruh jajaran Direksi dan Komisaris telah diundang secara khusus oleh Menteri BUMN Rini Soemarno pagi ini.

Adiatma menuturkan, dengan pengangkatan ini Nicke resmi ditunjuk sebagai Dirut Pertamina. Pengangkatan ini dilakukan dengan adanya prosesi penyerahan surat tugas kewenangan Dirut Pertamina kepada Nicke.

“Iya pengangkatan Bu Nicke sebagai Dirut. Iya, saya menyaksikan penyerahan surat tugasnya,” kata Adiatma kepada Ayonews.com, Rabu (29/8/2018).

Teka-teki siapa yang akan menempati pucuk pimpinan definitif Pertamina akhirnya terjawab. Nicke resmi menjabat sebagai Dirut BUMN Migas ini.

Santernya pengangkatan Nicke sebagai Dirut Pertamina juga bermula dari penyataan Menteri Rini dalam kunjungan kerja (kunker)-nya ke Papua beberapa waktu lalu. Saat itu dia didampingi Nicke yang kala itu masih menjadi Plt Dirut Pertamina. Rini tanpa sungkan memperkenalkan Nicke sebagai Dirut definitif Pertamina yang akan dilantik dalam waktu dekat.

“Ibu Nicke ini pejabat Pertamina yang insyaallah akan menjabat sebagai dirut baru Pertamina,” kata Rini.

Sebagai informasi, Nicke merupakan salah satu dari tiga nama kandidat yang disebut-sebut menjadi Dirut Pertamina menggantikan Elia Massa Manik yang sudah lengser pada April lalu. Dua nama lainnya yaitu Direktur Hulu Pertamina, Samsu Alam dan Mantan Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina, Hanung Budya Yuktyanta. Ketiga nama tersebut saat ini sudah ada di tangan Presiden.

Nicke sebelumnya menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Dirut Pertamina sekaligus Direktur SDM Pertamina. Mantan Direktur PLN itu kerap mendampingi Rini di sejumlah acara. Salah satunya saat Nicke ikut mendampingi Rini dalam kunjungan kerja di Papua untuk meresmikan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) dan Gardu Induk Holtekamp, bertemu dengan Relawan Tim Papua Terang, dan meninjau pembangunan jembatan Holtekamp.(val)

Most Popular

To Top