Nasional

PDIP: Heryawan Mumpuni Gantikan Sandiaga di DKI

Mantan gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

JAKARTA, Ayonews.com – Kursi wakil gubernur DKI Jakarta hingga saat ini masih mengalami kekosongan setelah ditinggalkan Sandiaga Salahuddin Uno. Sebagai parpol pengusung pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga di Pilkada DKI 2017, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Gerindra masih menimbang-nimbang sosok yang akan mengisi jabatan politik tersebut.

Beberapa waktu belakangan, nama mantan gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan diisukan masuk dalam daftar kandidat yang disiapkan PKS untuk menggantikan Sandiaga di DKI. Menanggapi wacana tersebut, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pun memberikan respons positif.

Anggota DPRD DKI dari Fraksi PDIP Yuke Yurike berpendapat, Heryawan memang memiliki pengalaman mumpuni dalam dunia pemerintahan. Tidak hanya di ranah eksekutif, politikus PKS itu juga pernah berkecimpung sebagai anggota legislatif. Karena itu, dia menilai Heryawan adalah sosok yang pas untuk menggantikan Sandiaga.

“Kalau Aher (sapaan Heryawan—red) kan pengalaman di eksekutif dan legislatif. Saya rasa kemampuannya sih rada mumpuni,” kata Yuke kepada wartawan di Jakarta, Minggu (26/8/2018).

Walaupun demikian, dia mengaku tidak ingin mendahului PKS dan Gerindra terkait penentuan wakil gubernur DKI yang baru. Pasalnya, dia menyadari bahwa yang memiliki kewenangan untuk menentukan sosok pendamping Anies adalah kedua partai tersebut.

PDIP, kata Yuke, hanya berharap orang yang dipilih dan disepakati bersama nanti bisa langsung bekerja serta menyelaraskan komunikasi pemerintahan dengan semua pihak, termasuk DPRD DKI. Dia juga berharap kursi wagub DKI jangan dibiarkan terlalu lama kosong, karena masih banyak pekerjaan di Ibu Kota yang harus dituntaskan.

“Jangan sampai posisi kosong kelamaan sehingga program kerja yang biasanya berada di bawah tanggung jawab wagub terbengkalai. Kasihan juga gubernur kalau kerja sendiri. Tolong kedepankan kepentingan kemajuan DKI, jangan dipolitisaso. Apalagi menjelang pemilu serentak dan jangan sampai mengganggu jalannya pemerintahan, program-program harus berjalan sesuai perencanaan,” tuturnya.

Sandiaga Uno mengundurkan diri dari jabatan wagub DKI setelah memutuskan maju di Pemilu Presiden (Pilpres) 2019. Mantan ketua umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) itu menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Prabowo Subianto.(alex)

Most Popular

To Top