Nasional

Kemenristekdikti Umumkan Lima Klasterisasi Perguruan Tinggi

Dari paling kiri ke kanan Prof. drh. Aris Junaidi, Ph.D (Direktur Penjaminan Mutu), Dr. Muhammad Dimyati (Dirjen Penguatan Risbang), Dr. Ir. Patdono Suwignjo, M.Eng.Sc (Dirjen Kelembagaan Iptek dan Dikti), Prof. Dr. Ainun Na'im (Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti), Prof. Dr. Jamal Wiwoho, SH, M.Hum (Inspektorat Jenderal Kemenristekdikti), Dr. Ir. Sri Setiawati, MA (Kepala Puspiptek)

KOTA TANGERANG SELATAN, Ayonews.com – Kementrian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia menggelar konferensi pers di hari kemerdekaan ke-73, yang dilaksanakan di Gedung Graha Widya Bhakti Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek), Jum’at (17/8). Dalam kesempatan ini, Kemenristekdikti mengumumkan lima klasterisasi perguruan tinggi tingkat nasional non vokasi yaitu universitas, institut dan sekolah tinggi.

Dijelaskan oleh Direktur Jendral Kelembagaan Iptek dan Dikti Patdono Suwignjo bahwa program klasterisasi dilakukan berdasarkan performa perguruan tinggi yang mencakup lima komponen. Yaitu, kualitas SDM, kualitas kelembagaan, kualitas kegiatan mahasiswa, kualitas penelitian dan pengabdian pada masyarakat serta kualitas inovasi.

“Setiap perguruan tinggi diharapkan terus mengembangkan diri menjadi perguruan tinggi yang berbasis inovasi (Innovation University). Pasalnya, kesiapan teknologi dan inovasi adalah dua pilar dari dari 12 pilar dalam indikator daya saing bangsa,” ujar Patdono.

Patdono juga menyebutkan lima komposisi klasterisasi berdasarkan hasil analisis terhadap data yang tersedia pada Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PD Dikti). Untuk Klaster I berjumlah 14 perguruan tinggi, Klaster II berjumlah 72 perguruan tinggi, Klaster III berjumlah 299 perguruan tinggi, Klaster IV berjumlah 1,470 perguruan tinggi dan Klaster V berjumlah 155 perguruan tinggi.

Dari sekian banyaknya perguruan tinggi tersebut, empat perguruan tinggi masih mendominasi tingkat terbaik nasional. Antara lain, Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gajah Mada (UGM), Instititut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Indonesia (UI). (Lan)

Most Popular

To Top