Gaya Hidup

Kualitas Sperma Pria Dijamin Meningkat, Ternyata Solusinya Ini

Intim dengan pasangan. (Foto: Dissolve)

JAKARTA, Ayonews.com – Memiliki momongan adalah impian setiap pasangan. Sayangnya, tidak sedikit pria yang mempunyai masalah pada kualitas spermanya yang rendah. Lantas, apa solusinya?

Berkeluarga tidaklah selalu mudah. Sebanyak satu dari enam pasangan mengalami masalah kesuburan dan angka tersebut terus meningkat.

Dari setiap 100 pasangan yang mencoba untuk mempunyai bayi, sebanyak 80 hingga 90 akan hamil dalam satu tahun, menurut situs NHS, Rabu (8/8/2018). Sisanya akan lebih lama, atau mungkin perlu bantuan untuk hamil.

Sebuah penelitian di Skotlandia menemukan bahwa jumlah sperma pria rata-rata telah menurun selama beberapa tahun terakhir, yang berkontribusi pada masalah ini. Namun, kebanyakan orang tidak memikirkan kesehatan sperma mereka sampai benar-benar mulai mencoba untuk memiliki bayi.

Namun, ada beberapa cara mudah untuk mengetahui apakah sperma Anda dalam kondisi prima. Jika Anda berjuang agar pasangan hamil, ada perubahan diet dan gaya hidup tertentu yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesehatan sperma Anda.

Mengutip laman Daily Star, berikut empat hal yang dapat meningkatkan kualitas sperma Anda:

Rutin Nge-gym

Pria yang berolahraga selama 15 jam atau lebih dalam seminggu memiliki konsentrasi sperma 73 persen lebih tinggi, menurut peneliti dari Harvard. Tidak hanya olahraga, menjaga berat badan Anda itu juga meningkatkan ekspresi antioksidan di seluruh tubuh Anda.

Peneliti dari Belanda, Laso menemukan bahwa pria dengan lingkar pinggang 40 inci atau lebih besar memiliki konsentrasi sperma lebih rendah. Dan, mereka yang menonton televisi selama lebih dari 20 jam seminggu memiliki konsentrasi sperma 44 persen lebih rendah.

Makan Banyak Ikan

Ikan merupakan sumber omega-3 dan protein, tetapi juga memainkan peran besar dalam konsentrasi sperma Anda. Para peneliti Universitas Harvard menemukan orang-orang yang mengonsumsi lebih banyak ikan seperti salmon dan tuna, memiliki konsentrasi sperma 65 persen lebih besar daripada mereka yang makan sedikit.

Di sisi lain, pria yang makan banyak daging merah dan olahan memiliki jumlah sperma normal yang jauh lebih rendah.

Memakai Pakaian Dalam yang Longgar

Celana dalam yang ketat mungkin bisa membatasi kejantanan dan juga mencekik sperma Anda. Pria yang menggunakan boxer pendek 24 persen lebih kecil kemungkinan memiliki jumlah sperma rendah dibandingkan celana dalam ketat. Sperma motil rendah menjadi lebih lamban dan sulit mencapai telur dengan sukses.

Pria yang mengenakan boxer di siang hari, tetapi tidur telanjang di malam hari memiliki 25 persen kerusakan lebih sedikit pada sperma mereka dibandingkan dengan pria yang mengenakan pakaian dalam di tempat tidur.

Menghindari Gelombang Mikro

Memanaskan kembali makanan Anda dalam wadah tupperware dapat merusak sperma Anda. Ini karena bahan kimia yang disebut bisphenol-A (BPA) dapat merembes dari plastik dan meresap dalam makanan Anda.

Peneliti dari Denmark menemukan bahwa pria yang memiliki kadar BPA tertinggi dalam urin mereka memiliki persentase sperma motil yang lebih rendah secara signifikan. Jadi, pikirkan dua kali sebelum Anda makan siang Anda atau setidaknya memindahkannya ke wadah kaca. Barang-barang seperti keju, tirai mandi, tabir surya, dan dashboard mobil juga bisa merusak sperma pria.

Most Popular

To Top