Nasional

Yonif 756/WMS Tangkap Bandar dan Pemilik Ladang Ganja di Kota Wamena

Pasukan Yonif 756/WMS menunjukkan tersangka bandar ganja dan senjata tajam yang disita dari hasil operasi pengamanan masyarakat, Kamis (2/8/2018). (Foto-foto: Puspen Kodam XVII/Cendrawasih)

WAMENA, Ayonews.com – Anggota Satuan Tugas Operasi Pengamanan Daerah Rawan (Satgas Ops Pam Rahwan) Yonif 756/WMS berhasil membongkar peredaran ganja di Kota Wamena. Dalam operasi itu, mereka menangkap Apianus Logo, bandar kakap dan pemilik ladang ganja.

Operasi penangkapan itu berawal dari instruksi Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI George Elnadus Supit agar seluruh pasukan TNI terlibat dalam pengamanan daerah-daerah rawan, termasuk pemberantasan narkoba.

Menindaklanjuti instruksi tersebut, Yonif 756/WMS yang bermarkas di Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya menggelar operasi untuk menyasar peredaran miras, narkoba, dan senjata tajam seperti parang, panah, dan tombak yang bebas masuk di Kota Wamena.

Dipimpin Komandan Kompi Satgas E Yonif 756/WMS Lettu inf Andi Irawan, anggota satgas dan seluruh anggota Pos Kurulu melaksanakan sweeping di jalan lintas Wamena-Karubaga -Puncak Jaya tepatnya di kampung Kurulu, Kamis (2/8/2018).

”Dalam operasi ini disita barang bukti senjata tajam, atribut/bendera Bintang Kejora, miras jenis Cap Tikus/CT, dan 95,20 gram ganja kering (siap edar) yang dibawa oleh seorang kurir narkoba bernama Apianus Logo, warga kampung Pirambot distrik Wolo,” ujar Kapendam XVII/Cenderawasi Kolonel Inf Muhammad Aidi dalam keterangan tertulis yang diterima Ayonews.com jumat(3/8/18)

Aidi menjelaskan, berdasarkan penangkapan tersebut, Lettu Andi Irawan melaporkan ke Komandan Yonif 756/WMS Mayor Inf Arif Budi Situmeang. Danyonif selanjutnya melakukan pengembangan.

Dari situ akhirnya diketahui bahwa Apianus Logo merupakan pemilik ladang, bandar sekaligus pengedar narkoba jenis ganja di kota Wamena.

Ladang ganja milik tersangka berada di kampung Pirambot, distrik Wolo, berjarak kurang lebih 45 km dari Kota Wamena. ”Danyonif 756/WMS langsung memimpin gerakan ke ladang ganja dan mencabut 39 batang ganja siap panen dan 119 batang bibit ganja siap tanam,” kata Aidi.

Selanjutnya tersangka berikut seluruh barang bukti diserahkan Arif Budi kepada Kapolres Jayawijaya AKBP Yan Reba untuk ditindaklanjuti. Polisi juga akan mendalami dugaan terkait pendanaan gerakan KSB dari hasil penjualan narkoba serta mengungkap sindikat peredaran narkoba di Kota Wamena.

Berikut perincian barang bukti hasil operasi sweeping Yonif 756/WMS:

1.Ganja kering siap edar seberat 95,20 gram.
2.39 batang ganja siap panen.
3.119 batang bibit ganja siap tanam.
4.28 botol (@200)miras jenis CT.
5.11 lembar Atribut Bintang Kejora.
6.1 unit HP merk/jenis Oppo.
7.1 buah Dompet berisi KTP tersangka.
8.1 unit motor Yamaha Jjupiter MX nopol M 2993 GH.

Most Popular

To Top