Ibukota

Kebakaran Pabrik Sepatu di Kalideres Diduga karena Korsleting

Kebakaran hebat melanda pabrik sepatu di Jalan Prepedan Dalam, RT 012 RW 009 Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat, Jumat (8/3/2018) sore. (Foto : DPKP DKI)

JAKARTA, Ayonews.com – Kebakaran di pabrik sepatu milik PT Trimurti Wira Pratama di Jalan Prepedan Dalam Nomor 72, Gang Jambu, RT 012/RW 009, Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat, sore tadi, diduga terjadi karena korsleting listrik di area gudang. Kendati demikian, petugas saat ini belum memastikan penyebab pasti kebakaran di pabrik sepatu tersebut.

Berdasarkan pantauan di lokasi pada pukul 17.01 WIB, asap tebal masih membumbung dari arah pabrik. Kebakaran dilaporkan pertama kali oleh warga pada pukul 15.10 ke Kantor Pemadam Kebakaran (Damkar) Jakarta Barat, dan petugas langsung meluncur ke lokasi kebakaran.

“Ada sekitar 25 mobil yang dikerahkan untuk memadamkan api,” kata Kepala Seksi Operasional Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) Kota Administrasi Jakarta Barat, Rompis Romli, di Jakarta, Jumat (3/8/2018).

Pabrik sepatu itu terletak di dekat wilayah pemukiman. Namun sepanjang pantauan, api terlihat tidak sampai tersebar ke rumah warga. Di samping kawasan pemukiman, pabrik juga berada dalam satu kawasan dengan gedung perkantoran yang juga dimiliki PT Trimurti Wira Pratama. Meski demikian, api juga tidak sampai membakar kantor tersebut.

Salah seorang pegawai pabrik, Melly (30) mengatakan, saat mengetahui ada kebakaran, dia bersama karyawan lainnya langsung keluar dari pabrik. “Ada tangga di bagian belakang gudang. Ketika itu saya ada di lantai dua. Saat mendengar kebakaran, kami langsung turun dan keluar bangunan,” kata Melly saat ditemui di lokasi kejadian.

Sejauh ini, petugas dan pemilik pabrik belum memperkirakan jumlah kerugian materiel. Walaupun begitu, petugas damkar mengonfirmasi tidak ada korban jiwa ataupun korban luka-luka akibat insiden tersebut.

Sampai petang ini, proses pemadaman masih terus dilakukan oleh petugas di lokasi kebakaran. Dari pantauan, api tampak masih sulit dijinakkan. Di samping petugas Damkar Jakarta Barat, sejumlah personel kepolisian juga terlihat di lokasi.(idr)

Most Popular

To Top