Nasional

Sepakat Koalisi, Gerindra Ragu PKS Abstain di Pilpres 2019

Ilustrasi, Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). (Foto: Istimewa).

JAKARTA, Ayonews.com – Partai Gerindra yakin Partai Keadilan Sejahtera (PKS) masih komitmen bersama koalisi pendukung Prabowo Subianto. Apalagi, PKS termasuk partai besar dan berpengalaman.

Maka itu, Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra Ahmad Riza Patria meragukan isu mengenai PKS akan abstain dalam Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2019 jika Prabowo tidak memilih Salim Segaf Aljufri. Salim merupakan Ketua Majelis Syuro PKS.

“PKS selama ini baik-baik saja hubungannya dengan Gerindra. PKS tahu dalam bersikap untuk mengambil keputusan serta tahu kondisi saat ini,” ujar Riza di Jakarta, Kamis (2/8/2018).

Menurutnya, Partai Gerindra, PKS, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Demokrat sudah sepakat koalisi dengan platform yang sama. Empat partai ini sepakat untuk mengedepankan kepentingan bangsa dan rakyat bukan kepentingan parpol ataupun golongan.

“Saat ini sedang sempurnakan visi misi program dan itu terus dibangun komunikasinya,” ucapnya.

Dia menilai wajar PKS berupaya memberikan yang terbaik bagi kadernya, termasuk mendorong menjadi cawapres. Namun, cawapres tidak bisa diputuskan sendiri dan sepihak oleh Gerindra maupun Prabowo, karena harus mendengarkan masukan semua pihak, termasuk anggota koalisi.

“Prabowo ingin memutuskan hal yang terkait kepentingan besar tidak sendiri namun mendengar pendapat parpol dan tokoh agama,” katanya.

Direktur Pencapresan DPP PKS Suhud Aliyuddin menuturkan, partainya mempertimbangkan opsi abstain dalam Pilpres 2019 apabila koalisi parpol pengusung Prabowo tidak memilih kader PKS sebagai cawapres.

“Itu salah satu opsi yang mungkin diambil kalau memang situasinya tidak memungkinkan,” tutur Suhud Aliyuddin di Jakarta, Rabu (1/8/2018).

Most Popular

To Top