Nasional

Puluhan Kader Segel Kantor DPC PDIP Kediri terkait Penjaringan Bacaleg

Puluhan kader menyegel kantor DPC PDIP Kediri.

KEDIRI, Ayonews.com – Puluhan kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menyegel kantor dewan pimpinan cabang (dpc) karena tidak terima dengan sistem penjaringan bakal calon legislatif (bacaleg). Para demonstran menilai dpc telah melanggar anggaran dasar/anggaran rumah tangga (AD/ART) partai.

Koordinator aksi Bimo mengatakan, unjuk rasa para kader bertujuan untuk menanyakan proses penjaringan bacaleg yang dilakukan oleh partai. Mereka menilai ada kekeliruan dan proses penjaringan tersebut tidak sesuai dengan peraturan partai.

Selain proses penjaringan, mereka juga memprotes penentuan nomor urut bacaleg yang sudah didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Mereka kemudian meminta ketua dpc untuk menjelaskan mekanisme penjaringan dan penentuan nomor urut bacaleg, namun hingga aksi selesai dia tak kunjung datang.

“Ada sesuatu yang tidak pas dengan AD/ART dan peraturan partai terkait dengan bacaleg. Seharusnya ketua pimpinan anak cabang (PAC) mendapatkan nomor urut satu di suatu daerah pemilihan, jika ketua, sekretaris dan bendahara dpc tidak mendaftar di daerah tersebut,” kata Bimo, Kamis (2/8/2018).

Sementara itu, pengurus DPC membantah semua tuduhan para kader. Proses penjaringan dan penentuan nomor urut sudah dilakukan sesuai dengan peraturan partai. Bahkan mereka juga mengaku sudah mendapatkan salinan surat keputusan dari dewan pimpinan pusat (dpp), terkait nomor urut bacaleg.

“Sebenarnya sudah dilalui prosesnya terkait pencalegan sesuai dengan mekanisme peraturan partai Nomor 25 A Tahun 2018. Kami dalam menyusun berdasarkan surat keputusan dpp, artinya kami hanya berhak mengusulkan, kemudian proses penataan nomor urut itu disahkan melalui surat keputusan dpp,” ujar Wakil Sekretaris DPC PDIP Kediri, Edi Santoso.

Most Popular

To Top