Nasional

MA Tolak Kasasi PKS, Fahri tetap Upayakan Islah

Ilustrasi, Gedung Mahkamah Agung (MA). (Foto: Istimewa).

JAKARTA, Ayonews.com – Putusan Mahkamah Agung (MA) menolak permohonan kasasi Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Keadilan Sejahtera (PKS), terkait pemecatan Fahri Hamzah sebagai anggota partai.

Atas putusan tersebut, Fahri tetap berharap islah menjadi pegangan utama dalam menyelesaikan persoalan internal partai yang terjadi. Meskipun selama ini, dia selalu mendorong proses islah sebelum proses hukum bergulir jauh.

“Sampai hari ini ketika MA telah merilis pengumuman keputusan menolak kasasi pimpinan PKS maka mental saya tetap islah. Tuntunan agama meminta kita selalu mengusahakan perbaikan (islah) sampai detik terakhir. Dan saya merasa telah mengupayakan,” ujar Fahri dalam akun Twitter @Fahrihamzah, Kamis (2/8/2018).

Dia menceritakan, saat dialog dengan Ketua Majelis Syuro Partai pada akhir 2015. Saat itu dia mengingatkan, tindakan hukum mengundurkan diri bukan hak partai, tetapi pribadi diambil secara sukarela tanpa tekanan. Namun, dirinya selalu dipaksa mundur.

“Izinkan saya sedikit menulis sejarah islah antara saya dan pimpinan PKS yang akhirnya gagal. islah itu artinya mengupayakan perbaikan. Dan saya telah mengupayakan islah sejak sebelum saya dipecat sampai menjelang keputusan kasasi di awal Ramadan,” katanya.

Penolakan kasasi DPP PKS itu tercantum dalam amar putusan MA dengan perkara teregister Nomor 1876 K/PDT/2018. Perkara diajukan atas nama DPP PKS, dimohonkan oleh Ketua Badan Penegak Disiplin Organisasi PKS Abdul Muis.

Putusan dikeluarkan 30 Juli 2018 lalu di laman info perkara situs MA. Majelis hakim agung yang menyidangkan kasasitersebut, Maria Anna Samiyati, Muhamad Yunus Wahab, dan Takdir Rahmadi.(idr)

Most Popular

To Top