Olahraga

Diwarnai 2 Kartu Merah, Timnas Indonesia U-16 Kalahkan Vietnam

Para pemain tim nasional Indonesia U-16 merayakan kemenangan atas Vietnam dengan skor 4-2 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Kamis (2/8/2018). (Foto: Antara/Zabir Karuru)

SIDOARJO, Ayonews.com – Tim Nasional Indonesia U-16 menang 4-2 atas Vietnam pada laga Grup A Piala AFF U-16 2018 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Kamis (2/8/2018). Pertandingan berjalan keras sehingga kedua tim masing-masing mendapat satu kartu merah.

Di awal pertandingan timnas U-16 mencoba bermain agresif. Mereka pun mendapat peluang di menit ketiga lewat tendangan bebas Muhammad Yudha. Tetapi, usahanya masih bisa ditepis oleh Kiper Vietnam Nguyen Duy Dung.

Ironisnya, skuat Garuda Asia justru tertinggal lebih dulu di menit keenam. Bola yang dibuang Komang Teguh, malah mendarat di kaki Dinh Thanh Trung. Tanpa ragu, dia melepaskan tembakan dan mengoyak gawang timnas U-16 yang dijaga Ernando Ari.

Tertinggal, timnas U-16 mencoba menekan. Peluang kembali mereka dapatkan di menit ke-17, melalui tembakan bebas Sutan Zico. Namun, usahanya masih bisa digagalkan oleh Duy Dung.

Di menit ke-26, Pelatih timnas U-16 Fachry Husaini memutuskan untuk mengganti Amanar Abdilah dengan Supriadi. langkah tersebut terbukti tepat, karena dia langsung mencetak gol tiga menit kemudian.

Melewati pemain bertahan Vietnam, dengan cermat Supriadi menceploskan bola ke gawang lawan dan memaksakan hasil imbang hingga turun minum.

Timnas Indonesia langsung berbalik unggul ketika babak kedua baru berjalan empat menit. Berawal dari pelanggaran bek Vietnam kepada David Maulana di kotak penalti, wasit langsung menunjuk titik putih. Bagus Kahfi yang menjadi algojo melaksanakan tugasnya dengan baik dan mencetak gol.

Keunggulan Indonesia semakin lebar di menit ke-60. Bagus Kahfi meneruskan umpan dari Bagas Kaffa dan mencetak gol keenamnya sepanjang Piala AFF U-16 2018.

Pertandingan menjadi semakin keras. Pada menit ke-66, terjadi perkelahian antara Vo Nguyen Hoang dengan Bagas. Akibatnya, wasit memberikan kartu merah kepada kedua pemain.

Vietnam memperkecil ketertinggalan ketika pemainnya dilanggar di kotak penalti. Thanh Trung yang menjadi eksekutor tak membuang peluang dan menceploskan bola di menit ke-72.

Memasuki injury time, David Maulana dkk semakin tak terkejar. Berawal dari serangan balik yang cepat, Andre Oktaviansyah menerima umpan terobosan dan mencetak gol yang memastikan kemenangan bagi Timnas U-16

SUSUNAN PEMAIN
VIETNAM U-16 (4-5-1):
Nguyen Duy Dung; Trinh Quang Truong, Vo Quoc Dan, Pham Van Dat, Vu Tien Long; Vo Minh Dan, Trinh Van Cung, Ngo Duc Hoang, Nguyen Quoc Hoang, Dinh Thanh Trung; Vo Nguyen Hoang
Pelatih: Vu Hong Viet

INDONESIA U-16 (4-3-3):
Ernando Ari; Bagas Kaffa, Fadilah Nur Rohman, Komang Teguh, Mochamad Yudha; David Maulana, Brylian Aldama, Andre Oktaviansyah; Amanar Abdilah (Muhammad Supriadi 26), Sutan Zico (Bagus Kahfi 41), Yadi Mulyadi (Fajar Fathur 41)
Pelatih: Fachry Husaini(idr)

Most Popular

To Top