Ibukota

Delman Dilarang Beroperasi Radius 10 Kilometer dari Equestrian Pulomas

Delman di Monas

JAKARTA, Ayonews.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengeluarkan instruksi gubernur terkait larangan kuda atau delman beroperasi dalam radius 10 kilometer dari venue Asian Games Equestrian Pulomas, Jakarta Timur. Pemprov juga melarang hewan kurban berada di radius 1 km.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, peringatan tersebut sudah dikoordinasikan dengan pengusaha delman di Jakarta. Selain melarang beroperasi di radius 10 km, pemprov juga meminta kuda pemilik delman rutin divaksin agar tidak menularkan virus kuda atlet Asian Games.

“Selama negoisasi panjang akhirnya diijinkan. Kita mendekteksi ada 300 kuda di sekitar Jakarta. Ini semua harus mendapat vaksin. Lalu radius 10 kilometer dari lokasi ini tidak boleh ada kuda seekor pun untuk menghindari potensi penularan penyakit walaupun semua sudah divaksin,” kata Anies di Equestrian Pulomas, Jakarta, Kamis (2/8/2018).

Dia menuturkan, peringatan itu juga berlaku kepada pengusaha delman yang biasa menawarkan jasa di sekitar Monas. Pemprov meminta sementara pindah ke kawasan Kota Tua atau Ragunan, Jakarta Selatan.

“Kita apresiasi sekali karena mereka sangat suportif dengan sertifikasi bebas penyakit kuda, maka fasilitas ini dapat dimanfaatkan,” ujar dia.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu meminta masyarakat dan pengusaha delman dapat memahami kebijakan ini. Terlebih harga kuda yang akan bertanding di Asian Games sekitar Rp200 miliar.

“Jadi bayangkan harga kudanya bisa sampai Rp200 miliar. Karena itu, persyaratan kesehatannya begitu tinggi. Ini salah satu olahraga yang punya implikasinya besar,” tutur Anies.

Ketua Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (DKPKP) Darjamuni mengatakan, ada 72 delman yang terdampak dengan kebijakan itu. Delman baru dapat beroperasi kembali, khususnya di Monas pada 15 September.

“Sebenarnya kalau kita ada 302 ekor kuda yang di Jakarta. Kalau yang terdampak langsung ada 72 di Monas dan Kemayoran. Mereka per 1 Agustus sampai 15 september sudah steril,” kata Darjamudi.

Most Popular

To Top