Nasional

Clear, Partai Perindo Tuntaskan Perbaikan Berkas Caleg di KPU

Partai Perindo telah menyelesaikan seluruh perbaikan berkas caleg di KPU.

JAKARTA, Ayonews.com – DPP Partai Perindo memastikan seluruh berkas calon anggota legislatif (caleg) yang diusung telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Perindo menjadi partai pertama yang menuntaskan perbaikan pemberkasan tersebut.
Wasekjen Bidang Kesekretariatan DPP Partai Perindo, Muhammad Sopiyan menuturkan, sesuai tahapan KPU, batas akhir perbaikan berkas caleg yakni pada Selasa (31/7/2018) pukul 00.00 WIB. Perindo telah menyerahkan berkas perbaikan tersebut dan dinyatakan lengkap serta sesuai persyaratan oleh KPU.
”Oleh tim verifikator KPU telah diteliti dengan seksama. Beberapa kekurangan pada proses pendaftaran kemarin telah kami selesaikan dan dinyatakan lengkap,” kata Sopiyan di Jakarta, Kamis (2/8/2018).
Dia menegaskan, Perindo telah menerima dokumen dari KPU yang menyatakan tuntasnya penyelesaian berkas caleg tersebut. Perindo kini tinggal berkonsentrasi untuk tahap selanjutnya yakni penyusunan daftar calon sementara (DCS).

Pada tahap itu akan dicek kembali mengenai data caleg yang diusung oleh parpol. ”Biasanya akan ada proses perbaikan lagi, misalnya tentang nama calon dan lain-lain. Tetapi intinya, semua berkas pencalonan sudah clear,” kata dia.
Sopiyan menceritakan, pada proses perbaikan berkas caleg sebelumnya, beberapa kekurangan yang banyak ditemui antara lain belum disertakannya ijazah, SKCK, atau surat keterangan sehat. Tetapi, dalam batas waktu yang ditetapkan KPU, Perindo berhasil menyelesaikan semuanya.
”Kita ikuti semua proses di KPU, termasuk ketentuan mengenai Silon (sistem informasi pencalonan) dan lain-lain, Perindo telah melaksanakan. Kini kami tinggal menyiapkan diri untuk pemilihan pada 2019 mendatang,” kata dia.
Sopiyan menegaskan, sesuai arahan Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo (HT), para caleg yang diusung Perindo merupakan figur bersih dan berkualitas. Perindo sejak awal menginginkan para calon wakil rakyat ini adalah sosok-sosok yang bisa membawa perubahan lebih baik di Indonesia
”Kami akan berjuang untuk itu dan semoga Partai Perindo bisa mewujudkan perjuangan partai untuk menghadirkan kesejahteraan masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Atas dasar itu, tidak ada caleg dari Perindo yang masuk kategori sebagaimana diatur dalam PKPU Nomor 20 Tahun 2018, yakni mantan napi kasus korupsi, kejahatan seksual dan narkoba. ”Silakan dicek di verifikator KPU, kami pastikan semua caleg Perindo merupakan figur yang berintegritas,” ujarnya dia.
Ketua KPU Arief Budiman sebelumnya mengungkapkan, KPU menunggu hingga pukul 00.00 WIB pada Selasa (31/7/2018) sebagai batas akhir pendaftaran berkas caleg.
KPU memberikan dua opsi kepada parpol terkait hal ini, yaitu memperbaiki syaratnya atau mengganti bakal caleg yang sudah didaftarkan. Bagi bakal caleg yang tidak memenuhi syarat (TMS) harus diganti. Selanjutnya, KPU melakukan pemeriksaan ulang hasil perbaikan dan akan dimasukkan dalam DCS.(idr)

Most Popular

To Top