Hukum & Kriminal

Beraksi di Bandara Juanda, 2 Pelaku Penipuan Tiket Ditangkap PM TNI AL

Ketua pelaku dugaan penipuan di Bandara Internasional Juanda saat dimintai keterangan oleh petugas.

SIDOARJO, Ayonews.com – Polisi Militer (PM) TNI AL dan Avsec Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim), membekuk dua pelaku penipuan tiket pesawat, Kamis (2/8/2018) siang. Tak hanya menipu, keduanya juga kedapatan mencuri barang milik calon penumpang.

Para pelaku penipuan yang ditangkap masing-masing berinisial SI (23) dan AP (21). Mereka merupakan warga Candisari, Semarang dan Gubeng, Surabaya. Dalam melakukan aksinya, pelaku berpura-pura menjadi pegawai bandara dengan menggunakan kartu pengenal palsu.

Modus ini dipakai untuk memperdaya dan memeroleh kepercayaan korbannya. Mereka lantas menawarkan bantuan untuk membantu proses pembelian tiket. Korban yang terperdaya pun menyerahkan sejumlah uang ke pelaku untuk membeli tiket, namun setelah itu mereka melarikan diri.

Pengakuan pelaku, tersangka telah melakukan aksi kejahatan di area Bandara Juanda sebanyak 4 kali. Aksi mereka baru terungkap saat percobaan yang kelima. “Saya ketemu calon penumpang yang butuh tiket. Lalu saya berpura-pura membelikan,” kata pelaku AP.

Selain penipuan, keduanya juga diduga terlibat pencurian di area Bandara Internasional Juanda Surabaya. Petugas juga menyita sejumlah barang bukti hasil kejahatan milik tersangka. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, keduanya langsung dibawa ke Mapolsek Sedati. Mereka disangkakan dengan Pasal 378 KUHP tentang tindak pidana penipuan dan pasal 365 KUHP tentang tindak pidana pencurian dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara.(idr)

Most Popular

To Top