Nasional

32 Konter Imigrasi di Bandara Soetta Siap Sambut Peserta Asian Games

Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly (ketiga kanan) meninjau area kedatangan atlet Asian Games di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (2/8/2018). (Foto: ANTARA/Rivan Awal Lingga)

JAKARTA, Ayonews.com – Pelaksanaan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang tinggal menghitung hari. Untuk menyambut para peserta dari mancanegara yang akan bertanding di Ibu Kota, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) menyiapkan 32 konter imigrasi di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

“Kami menyiapkan 32 konter untuk kedatangan para peserta. Selain itu, kami juga menyiapkan kembali 32 konter untuk kepulangan mereka. Sedangkan warga negara Indonesia akan masuk imigrasi melalui jalur otomatis dan diarahkan oleh para petugas bandara,” kata Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly di Tangerang, Kamis (2/8/2018).

Dia menuturkan, penyiapan 32 konter imigrasi itu bertujuan mengurai kemungkinan kemacetan dalam proses imigrasi ketika para peserta tiba di Indonesia. “Kami sudah belajar dari berbagai penyelenggaraan pesta multicabang olahraga di negara lain seperti di Brasil dan London (Inggris). Kami tidak ingin kekurangan penyelenggaraan yang terjadi di negara lain juga terjadi di negara kita,” ucapnya.

Yasonna pun mengharapkan partisipasi aktif semua pihak yang terlibat dalam proses kedatangan para peserta Asian Games 2018. Menurut dia, harus ada sinergitas antara semua instansi. “Kami sangat mengapresiasi kekompakan dari Komunitas Bandara Soekarno-Hatta atau Kombata,” ujarnya.

Dia menegaskan, 32 konter imigrasi khusus yang telah disiapkan di Bandara Soekarno-Hatta itu hanya diberlakukan bagi para peserta Asian Games, bukan untuk para penonton ataupun pendukung dari negara-negara peserta.

“Perlakuan bagi para pendukung negara-negara peserta tentu berbeda dengan para peserta dan ofisial. Para peserta dan ofisial sudah mengirim data-data mereka sebelumnya dan sudah terverifikasi. Hal itu berbeda dengan para pendukung ataupun penonton,” kata Yassona.

Bandara Internasional Soekarno-Hatta menyiapkan lebih dari 970 personel gabungan untuk menyambut para tamu Asian Games 2018 yang akan bertanding di Jakarta. Personel-personel itu terdiri dari unsur TNI, Polri, Bea dan Cukai, Imigrasi, Karantina, maskapai penerbangan, serta para petugas bandara.

Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) Erick Thohir mengatakan, kesiapan penyambutan para atlet dan ofisial Asian Games maupun para suporter negara-negara peserta akan berdampak pada pendapatan devisa negara selain pencitraan positif Indonesia ke dunia.(idr)

Most Popular

To Top