Gaya Hidup

Sering Tidur Kurang dari 7 Jam? Ini Dampak Mengejutkan yang Terjadi

Kurang tidur bisa memicu sederet penyakit. (Foto: Simplemost)

JAKARTA, Ayonews.com – Selain makan, tidur merupakan bagian terpenting dari siklus kehidupan Anda. Tidur memiliki peranan penting dalam menjaga tubuh Anda agar tetap fit dan sehat. Sebab, dampaknya untuk tubuh tak main-main jika Anda kurang tidur.

Para pakar kesehatan bahkan merekomendasikan untuk tidur selama tujuh hingga sembilan jam per hari. Lalu, apa yang terjadi ketika kita tidak mendapatkan kualitas tidur sebagus itu?

Sebuah kajian terhadap 16 penelitian menemukan, tidur kurang dari enam hingga delapan jam semalam meningkatkan risiko kematian dini sekitar 12 persen. Kok bisa?

Berikut dampak-dampak yang terjadi pada tubuh Anda ketika kurang tidur, seperti dilansir Ayonews.com dari Healthline, Selasa (31/7/2018).

Gangguan Sistem Saraf Pusat

Selama tidur, ternyata ada jalur yang terbentuk di antara sel-sel saraf di otak Anda. Inilah yang membantu Anda mengingat informasi-informasi baru. Nah, kurang tidur dapat mengganggu sistem saraf pusat ini. Akibatnya, Anda kesulitan berkonsentrasi, kelelahan pada otak, meningkatkan risiko kecelakaan, hingga kemampuan mengatur kondisi mental, serta emosional Anda.

Gangguan Sistem Kekebalan

Kurang tidur juga dapat membuat Anda mudah terserang penyakit. Sebab, kurang tidur dapat mencegah terbentuknya kekuatan pada sistem kekebalan tubuh Anda. Ini terjadi karena selama tidur, sistem kekebalan tubuh Anda menghasilkan zat pelindung yang melawan infeksi seperti sitokin. Inilah yang membantu sistem kekebalan tubuh Anda menyerang virus dan bakteri yang masuk dalam tubuh.

Naiknya Berat Badan

Selain makanan berlemak dan kurang olahraga, kurang tidur ternyata bisa membuat berat badan Anda naik dan mengembangkan penyakit tak menular seperti diabetes. Sebab, tidur memengaruhi kadar dua hormon dalam tubuh, yaitu leptin dan ghrelin, yang berfungsi mengendalikan perasaan lapar dan kenyang.

Tak cuma itu, kurang tidur juga mendorong tubuh Anda untuk melepaskan tingkat insulin yang lebih tinggi setelah makan. Tingkat insulin yang lebih tinggi inilah yang meningkatkan penyimpanan lemak dan meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

Penyakit Jantung

Kurang tidur sepertinya memang dapat memengaruhi segala aspek sistem di tubuh Anda. Sebab, sistem kardiovaskular ternyata juga ikut terganggu oleh kualitas tidur Anda yang buruk. Ini terjadi karena tidur turut memengaruhi proses di sistem kardiovaskular, termasuk kadar gula darah, tekanan darah, dan tingkat peradangan. Oleh sebab itu, orang yang kurang tidur lebih mungkin terkena gangguan sistem kardiovaskular seperti penyakit jantung.(idr)

Most Popular

To Top