Nasional

Mengintip Keindahan Rinjani, Gunung Eksotis yang Baru Terkena Gempa

Keindahan Gunung Rinjani (Foto: Ist)

JAKARTA, Ayonews.com – Travelling ke Lombok, tanpa mengunjungi Gunung Rinjani seolah ada yang kurang. Ya, gunung eksotis ini tampak berdiri tegak di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Pesonanya selalu memikat wisatawan lokal dan mancanegara untuk mendaki hingga ke puncak.

Namun sejak Minggu 29 Juli 2018, jalur pendakian Gunung Rinjani ditutup sementara setelah terjadinya gempa bumi berkekuatan 6,4 Skala Richter (SR) di Lombok. Bahkan, masih banyak pendaki yang terjebak karena longsor di Gunung Rinjani.

Lantas, seperti apa keindahan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia ini? Berikut ulasan dari Ayonews.com, Selasa (31/7/2018).

Rinjani merupakan gunung yang kerap diincar para pencinta alam. Bagi mereka belum lengkap rasanya sebelum merasakan sensasi mendaki di gunung yang terkenal cantik. Memiliki ketinggian 3.726 mdpl, Gunung Rinjani dikelilingi oleh hutan dan semak belukar seluas 76.000 hektare.

“Salah satu pesona alam Indonesia adalah Gunung Rinjani. Gunung dengan ketinggian 3.726 mdpl ini, memang merupakan salah satu pilihan bagi para pendaki, baik pendaki dalam negeri maupun dari luar negeri. Bagaimana tidak, cerita yang tersebar tentang keindahannya, membuat setiap pendaki pasti tertantang untuk mengeksplorasi gunung yang terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat ini. Kemarin, minggu pagi tepatnya, telah terjadi gempa di Lombok dan sekitarnya, termasuk di gunung Rinjani. Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB pada cuitan terakhirnya di Twitter 16 jam yang lalu, dari 820 orang pendaki Gunung Rinjani terdapat 617 pendaki mancanegara. 246 orang telah berhasil dievakuasi, sedangkan sisanya masih menunggu untuk dievakuasi. Mari sama-sama kita doakan teman-teman pendaki yang masih bertahan di Gunung Rinjani semoga semuanya sehat & selamat, agar dapat kembali lagi kerumah dan bertemu keluarga masing-masing #prayforlombok #prayforrinjani,” tulis Instagram @infiatravel, dikutip Selasa (31/7/2018).

Bagi pendaki yang menaiki Gunung Rinjani, puncak adalah spot paling diincar. Dari atas sini, Anda akan melihat pemandangan kawah dengan lebar sekitar 10 km dan terdapat danau kawah yang disebut Danau Segara Anak dengan kedalaman 230 m.

Jangan ditanya tentang airnya yang biru. Pemandangan air di danau kawah akan membuat siapa saja takjub. Air yang mengalir dari danau ini membentuk air terjun yang indah dan mengalir melewati jurang curam. Banyak pendaki yang memancing di danau ini karena terdapat ikan mas dan mujair.

Traveler yang ingin mendaki Gunung Rinjani, Anda dapat mengambil dua jalur pendakian, yaitu Sembalun dan Senaru. Sembalun menjadi jalur favorit pendaki. Meski treknya panjang, tapi dapat menghemat 700 meter ketinggian.

Menariknya di jalur Sembalun, traveler dapat menikmati pemandangan hamparan savana yang indah. Sedangkan jalur Senaru, traveler akan disajikan dengan pemandangan hutan tropis yang lebat dan terjal. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mengunjungi Rinjani yang eksotis?

Most Popular

To Top