Politik

Awas, Banyak Oknum KPU Nakal yang Jadi Calo Suara Hasil Pileg

Ayonews, Jakarta

Hampir tiap bulan KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap pelaku korupsi. Mirisnya, sebagian besar yang ditangkap adalah anggota DPR yang notabene merupakan wakil rakyat.

“Sudah saatnya legislatif dibersihkan dari orang-orang lama yang terindikasi koruptif. Mental mereka sudah banyak yang rusak. Ini akibat membiasakan diri dengan politik uang,” ujar Brigjen Pol (purn) Drs Siswandi kepada Ayonews di Jakarta.

Menurut Siswandi, perilaku korup para anggota dewan lantaran harus menutup biaya-biaya kampanye saat mereka dulu jadi Caleg.

“Jangan karena uang 100 ribu harus menggadaikan suaranya. Setelah itu sakit hatinya lima tahun. Dengan menerima 100 ribu saat itu apakah bisa merasakan langsung manfaat dari Caleg terpilih. Biasanya kan mereka lupa setelah terpilih. Mereka befikir bagaimana mengembalikan uang yang sudah terkuras,” paparnya.

Karena itu, lanjut Siswandi, rakyat harus cerdas dalam memilih. Jangan memilih Caleg karena politik uang.

“Silakan ambil uangnya. Tapi ingat dengan menerima uang itu, rakyat sudah menilai bahwa sesuatu dinilai dengan uang. Pilih yang lain, yang memang benar-benar memperjuangkan rakyatnya,” tuturnya.

Tak hanya itu, Siswandi juga mengkritisi kinerja Komisi Pemilihan Umum (KPU). Menurutnya, banyak oknum anggota KPU yang nakal.

“Sudah jadi rahasia umum. Banyak oknum KPU nakal yang menjadi calo suara. Ini yang harus diberantas. Ganti oknum-oknum itu dengan orang-orang kredibel,” paparnya.(Ari WRC TEKAB)

Most Popular

To Top