Politik

Pilpres 2019, Dukungan TGB Zainul Majdi Untungkan Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

JAKARTA, Ayonews.com – Dukungan Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai akan memberikan dampak positif. TGB merupakan kepala daerah yang dianggap mampu memberikan pengaruh kepada masyarakat.

“Sayak kira paling tidak di NTB, TGB ini sudah menjabat dua periode sebagai gubernur dan mempunyai Ormas Nahdlatul Wathan,” ujar Direktur Populi Center Usep S Ahyar melalui telepon, Rabu (11/7/2018).

Pendapat yang sama juga disampaikan pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin. Menurutnya, TGB bisa mengamankan suara pemilih untuk Jokowi di Nusa Tenggara Barat (NTB).

“TGB adalah tokoh NTB yang disegani masyarakat NTB,” kata Ujang.

Maka itu, wajar jika pesaing Jokowi merasa khawatir adanya dukungan TGB. Apalagi, TGB merupakan tokoh berpengaruh di NTB.

“Itulah politik, siap tokoh yang berpengaruh di suatu daerah akan didekati atau ditaklukan untuk mendukung calon tertentu,” ucapnya.

Partai Demokrat kecewa dengan pernyataan kadernya, Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi yang mendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk dua periode. Partai Demokrat memiliki fatsun atau aturan bagi kader yang ingin menyampaikan pendapat politiknya harus sejalan dengan partai.

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Agus Hermanto mengatakan, dia menghormati pernyataan yang disampaikan TGB merupakan bersifat pribadi. Namun, seharusnya dibicarakan terlebih dahulu di internal partai.

“Seharusnya dibicarakan dulu karena kita semua kan punya aturan. Kita harus sejalan, senapas dengan parpol,” ujar Agus, di Gedung DPR, Jakarta, (10/7/2018)

IR.Daru Virgo Santoso

Most Popular

To Top