Olahraga

Kalahkan Belgia, Prancis ke Final Piala Dunia 2018

Defender Prancis Samuel Umtiti (5) mendapat pelukan rekan-rekannya setelah dia mencetak gol kemenangan 1-0 atas Belgia pada semifinal Piala Dunia 2018 di St Petersburg Stadium, Rabu (11/7/2018) dini hari WIB. (Foto: FIFA.com)

SAINT PETERSBURG, Ayonews.com – Tim nasional Prancis melaju ke babak final Piala Dunia 2018 usai mengalahkan Belgia 1-0 pada semifinal di Stadion Saint Petersburg, Rabu (11/7/2018) dini hari WIB. Samuel Umtiti menjadi pahlawan dengan mencetak gol tunggal untuk Les Bleus.

Pada semifinal kali ini, Prancis berusaha menekan begitu pertandingan dimulai. Namun, Belgia sanggup memberikan perlawanan dan menyerang balik di menit keenam. Ditandai dengan umpan mendatar Eden Hazard yang untungnya masih bisa dihadang Umtiti.

Belgia kembali berpeluang memimpin. Sepak pojok Toby Alderweireld melengkung dan mengancam gawang Prancis di menit ke-21. Namun, Kiper Prancis Hugo Lloris masih bisa menghadang tembakan itu.

Prancis menunjukkan dominasinya sepuluh menit kemudian. Tendangan bebas dari Antoine Griezmann diumpan pendek menuju Benjamin Pavard dan meneruskannya menuju Olivier Giroud. Namun, tandukan Giroud masih melebar.

Tim asuhan Deschamps masih belum bisa menemukan celah. Pavard berhasil membongkar pertahanan Belgia hingga memasuki area kotak penalti di menit ke-40. Namun, tendangannya masih bisa ditahan oleh Courtais, hingga babak pertama berakhir tanpa gol.

Begitu babak kedua dimulai, Les Bleus berusaha melanjutkan momentum. Upaya mereka baru membuahkan hasil di menit ke-51. Bermula dari sepakan pojok Griezmann, Umtiti menanduk bola untuk mencetak gol dan membawa Prancis unggul.

Bertekad untuk menyemakan kedudukan, Belgia terus mencari celah. Dries Mertens memberikan umpan yang matang menuju Marouane Fellaini di menit ke-65. Namun, tandukan pemain berambut kribo itu masih melebar.

Skuat Setan Merah kembali mendapat peluang di menit ke-81. Axel Witsel menemukan bola liar di luar kotak penalti dan mencoba peruntungannya melalui sepakan keras. Sayang, tendangannya itu masih disa ditepis oleh Lloris.

Belgia masih belum bisa mengejar Prancis. Nacel Chadli berhasil membongkar pertahanan Les Bleus di menit ke-87. Namun, tendangannya berhasil dihalau, sehingga Prancis lolos ke babak final Piala Dunia tahun ini.

Di laga pamungkas Minggu (15/7/2018), Prancis akan menghadapi pemenang duel Inggris kontra Kroasia yang akan digelar Kamis (12/7/2018).

SUSUNAN PEMAIN
PRANCIS (4-2-3-1)
Lloris; Pavard, Varane, Umtiti, Hernandez; Kante, Pogba; Mbappe, Griezmann, Matuidi (Tolisso 86); Giroud (Nzonzi 85)
Pelatih: Diedier Deschamps

BELGIA (3-5-2)
Courtois; Vertonghen, Kompany, Alderweireld; Witsel, Fellaini (Carrasco 80), Chadli (Batshuayi 90+1), Dembele (Mertens 60), De Bruyne; Hazard, Lukaku
Pelatih: Roberto Martinez
IR.M.Daru Virgo Santoso/iNews.id

Most Popular

To Top