Nasional

Jokowi Sengaja Simpan Rapat-Rapat Nama Cawapres karena 3 Alasan Ini

Presiden Joko Widodo mengaku sudah mengantongi nama cawapres dan tinggal diumumkan. (Foto: Antara/Dok).

JAKARTA, Ayonews.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mengantongi nama calon wakil presidennya untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Namun, dia masih merahasiakan siapa figur yang akan diajak bertarung di kontestasi lima tahunan itu.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, ada beberapa alasan mengapa Jokowi hingga saat ini belum juga mengumumkan sosok pendampingnya.

Pertama, masing-masing partai politik saat ini tengah berkonsentrasi dengan pendaftaran calon anggota legislatif (caleg). Untuk diketahui, batas akhir pendaftaran tersebut berakhir pada 17 Juli. Bagi parpo,l pendaftaran caleg sangat penting karena pileg dan pilpres berjalan serentak di 2019.

“Caleg akan menjadi mesin politik yang sangat efektif baik untuk partai maupun capres. Dengan demikian dialog dengan partai masih berkonsentrasi di situ,” kata Hasto dalam wawancara via telepon di program berita Ayonews Sore yang disiarkan langsung iNews di Jakarta, Selasa (10/7/2018).

Kedua, dinamika politik nasional. Menurut Hasto, parpol terutama PDIP melihat Indonesia sedang menghadapi polemik perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China. Hal tersebut merupakan permasalahan urgen dan harus direspons oleh Presiden Jokowi.

“Bagaimana pun juga itu situasi nasional. Bagaimana mengatasi permasalahan ekonomi saat ini merupakan skala prioritas untuk semakin memperkuat kepemimpinan Jokowi,” kata dia.

Ketiga, dialog dengan partai politik sangat diperlukan. Harto menjelaskan, ini bukan pengalaman pertama bagi PDIP untuk mengusung capres. Pada 2014, seluruh ketua umum berkumpul kemudian Jokowi menyampaikan gambaran siapa cawapres yang cocok. Hal sama juga akan dilakukan saat ini.

“Kami merespons positif melihat begitu banyak nama-nama yang dinominasikan masyarakat untuk mendampingi Pak Jokowi. Artinya, kepemimpinan Pak Jokowi betul-betul diterima luas oleh masyarakat Indonesia,” kata dia.

IR.M.Daru Virgo Santoso

Most Popular

To Top