Politik

SBY: Saat Ini Partai Demokrat Belum Punya Capres

JAKARTA, Ayonews.com – Partai Demokrat mengulur waktu untuk penentuan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) 2019 mendatang. Untuk saat ini, partai pimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu belum punya capres atau cawapres yang akan diusung pada pilpres nanti.

Saat ditanya oleh wartawan mengenai Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang masuk dalam bursa cawapres, SBY selaku ketua umum DPP Partai Demokrat SBY enggan mengkonfirmasi. “Cukup dulu ya, saat ini Partai Demokrat tidak punya calon presiden. Cukup dulu ya,” kata Presiden ke-enam RI ini di kediamannya, Kuningan, Jakarta, Selasa (10/7/2018).

SBY menegaskan partainya baru akan menentukan pasangan capres-cawapres pada menit-menit akhir pendaftaran kandidat di Komisi Pemilihan Umum (KPU), Agustus 2018. SBY juga memprediksi penentuan cawapres oleh Joko Widodo dan Prabowo Subianto baru akan diumumkan pada menit-menit akhir pendaftaran capres-cawapres.

Menkopolkam di era Presiden Megawati Soekarnoputri ini mengatakan, perbincangan mengenai pilihan Demokrat terhadap Jokowi atau Prabowo masih dalam penggodokan.

“Keadaan nanti ketika baik Pak Jokowi atau Pak Prabowo siapa cawapresnya, itu nuansa politik akan sangat dinamis. Mungkin tanggal 9 atau 10 Agustus, itu puncaknya,” katanya.

Dia menyebutkan, kondisi akan lebih menggemparkan jika Jokowi atau Prabowo baru mengumumkan cawapresnya di waktu-waktu terakhir. “Bisa dibayangkan (jika) beliau baru mengumumkan tanggal 9 Agustus, berarti kan tinggal 24 jam x 2,” katanya.

Di saat waktu yang begitu mepet, Demokrat siap memetakan semuanya. Demokrat akan memberikan opsi hingga dalam keadaan paling buruk sekali pun. “Opsi kami saat ini sudah membahas sehingga segenting apa pun, se-chaos apa pun nanti pada tanggal 9-10 Agustus, insya Allah Demokrat bisa menetapkan pilihannya yang kami pandang paling tepat,” katanya.

Menurut dia, Demokrat sebagai organisasi sudah bekerja secara sistematik, transparan dan akuntabel. Pembahasan secara serius mengenai kriteria capres-cawapres telah dilakukan pada sidang majelis tinggi partai. “Mekanisme penyampaian saya kira tinggal 30 hari dari sekarang, tanggal 10 Juli, paling lambat 10 Agustus sudah harus kami daftarkan ke KPU,” kata SBY.

Most Popular

To Top