Olahraga

Menang atas Swedia 2-0, Inggris Maju ke Semifinal

SAMARA, Ayonews.com – Timnas Inggris berhak melaju ke babak semifinal Piala Dunia 2018 usai menang 2-0 atas Swedia di Samara Arena, Sabtu (7/7/2018) malam WIB. Dua gol Tiga Singa dicetak Harry Maguire (30) dan Dele Alli (59).

Pada laga tersebut kedua tim memperagakan permainan tertutup pada awal permainan. Tak ada peluang tepat sasaran hingga 10 menit waktu begulir. Baru pada menit ke-12 Swedia bisa membuka asa lewat tendangan jarak jauh Viktor Claesson namun masih melambung di atas gawang Inggris.

Sembilan menit kemudian, The Three Lions balik mengancam. Bomber Inggris Harry Kane melepaskan sepakan first time usai mendapat umpan terukur dari Raheem Sterling. Belum beruntung, usaha pemain Tottenham Hotspur itu masih melebar tipis di sisi kiri gawang Swedia yang dijaga Robin Olsen.

Inggris akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-30. Maguire berhasil membuat gawang Olsen bergetar lewat tandukannya usai memanfaatkan umpan Ashley Young dari sepak pojok.

Unggul satu gol tak membuat skuat asuhan Gareth Southgate mengendurkan serangan. Mereka terus gencar memborbardir pertahanan Swedia dari sayap lapangan yang dimotori Kieran Trippier. Namun para penggawa Swedia dengan sigap mampu mengagalkannya. Keunggulan margin satu angka bertahan hingga turun minum.

Swedia memulai babak kedua dengan tampil agresif guna mengejar ketertinggalan. Marcus Berg berhasil menanduk bola operan Forsberg di menit ke-47. Namun, usahanya masih dapat diblok Pickford.

Perlahan Inggris dapat kembali mengontrol laga dan membuat Swedia harus berkonsentrasi menjaga pertahanan. Tekanan yang diberikan akhirnya berbuah gol kedua saat Dele Alli berhasil mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-58.

Berawal dari umpan silang Jessie Lingard, Alli yang berada di tiang jauh langsung menanduk bola. Olsen yang gagal menepisnya terpaksa harus memungut bola untuk kedua kalinya.

Pada menit ke-66, Maguire nyaris mencetak gol kedua. Memanfaatkan kemelut di mulut gawang Swedia, bek tengah Leicester City itu melepaskan tendangan voli. Sayang arahnya masih jauh dari sasaran.

Berg balik mengancam gawang Inggris lima menit kemudian. Menerima umpan tarik dari John Guidetti, striker jangkung itu melepaskan tembakan kencang yang sayangnya masih dapat digagalkan Pickford.

Hingga peluit panjang dibunyikan, skor 2-0 untuk Inggris tetap bertahan. Dengan kemenangan tersebut Inggris berhak melenggang ke semifinal untuk kemudian menantang pemenang antara Rusia atau Kroasia.

SUSUNAN PEMAIN
INGGRIS (3-5-2)
Pickford; Walker, Stones, Maguire; Trippier, Alli (Fabian Delph 77), Henderson, Lingard, Young; Sterling, Kane
Pelatih: Gareth Southgate

SWEDIA (4-4-2)
Olsen; Krafth, Lindelof, Granqvist, Augustinsson; Claesson, Larsson, Ekdal, Forsberg (Martin Olsson 65); Berg, Toivonen (John Guidetti 65)
Pelatih: Janne Andersson

Most Popular

To Top