Olahraga

Kroasia Singkirkan Rusia Lewat Drama Adu Penalti

SOCHI, Ayonews.com– Timnas Kroasia akhirnya lolos ke semifinal usai mengalahkan Rusia lewat drama adu penalti di Stadion Olimpiyskiy Fisht, Minggu (8/7/2018) dini hari WIB. Kemenangan tersebut mengulangi prestasi tim di Piala Dunia 1998 di Prancis.

Setelah 90 menit laga, skor sama kuat 1-1 antara Rusia kontra Kroasia di perempat final Piala Dunia 2018 belum berubah. Kedua tim terpaksa melanjutkannya ke babak tambahan.

Rusia sedikit bermain terbuka di 15 menit tambahan waktu pertama. Skuat besutan Stanislav Cherchesov berani menguasai bola untuk mengurung pertahanan Kroasia. Akan tetapi tidak banyak yang bisa dilakukan Rusia.

Sebaliknya Kroasia perlahan kembali mampu menguasai lapangan. Sebelumnya mereka harus bermain dengan 10 orang lantaran Sime Vrsaljko harus menepi untuk mendapat perawatan.

Kroasia akhirnya memecah kebuntuan di menit ke-101. Sepak pojok yang dilepaskan Modric berhasil dimanfaatkan Domagoj Vida. Sundulan lemah Vida ke pojok gawang hanya mampu dilirik Igor Akinfeev.

Skor pun berubah 2-1 untuk Kroasia. Skuat Zlatko Dalic memilih untuk bertahan dan sebaliknya Rusia habis-habisan mengurung pertahanan Kroasia.

Dalam kondisi tertinggal, pendukung tuan rumah menunjukkan raut wajah muram. Karena itu pula Stanislav Cherchesov kesal dan memberikan gestur bangkit kepada para penonton untuk terus menyemangati tim nasionalnya.

Pada 15 menit tambahan kedua, Rusia tetap kesulitan menguasai laga secara utuh. Meski begitu, setiap serangan yang dibangun selalu membuat pertahanan Kroasia kocar-kacir.

Hal tersebut terbukti dengan sobeknya gawang Subosic berkat sundulan Mario Fernandes di menit ke-115. Umpan matang Alan Dzagoev lewat sepakan bebas tidak disia-siakan bek naturalisasi itu.

Setelahnya tidak ada lagi gol tercipta. Pertandingan pun ditentukan lewat drama adu penalti.

Dalam drama tersebut, Kroasia akhirnya memastikan tiket semifinal setelah dua penendang tuan rumah gagal menjalankan tugasnya. Marcelo Brozovic, Luka Modric, Domagoj Vida, dan Ivan Rakitic berhasil menjalankan tugasnya dengan baik kecuali Mateo Kovacic. sedangkan di kubu Rusia Fedor Smolov dan Mario Fernandes menjadi eksekutor yang gagal memasukkan bola.

Kroasia pun memastikan tiket semifinal dan akan berhadapan dengan skuat asuhan Gareth Southgate.

Jalannya babak pertama
Bermain di Stadion Olimpiyskiy Fisht, Minggu (8/7/2018) dini hari WIB, Kroasia menekan sejak awal permainan. Baru tujuh menit laga berlangsung Kroasia sudha mendapat peluang bagus.

Berawal dari sepak pojok , Dejan Lovren yang berdiri bebas mampu menanduk bola. Si kulit bundar mampu diteruskan Ante Rebic juga dengan sundulan. Sayang usahanya masih melambung tipis di atas gawang tuan rumah.

Pertahanan Rusia terus-terusan dikurung Kroasia hingga pertengahan babak. Namun para suporter tuan rumah membantu memberikan semangat dengan menggaungkan Viking Claps dari tribune. Semangat dari para penonton tersebut membuat tim berjuluk Sbornaya itu kokoh membangun lini pertahanan.

Keasyikan menyerang, pertahanan Kroasia menjadi lengah. Kondisi tersebut mampu dimanfaatkan Rusia dan langsung berbuah gol pada menit ke-30. Sepakan keras Denis Cheryshev dari jarak jauh suksen mengoyak gawang Rusia yang dijaga Danijel Subasic.

Namun keunggulan Rusia tak bertahan lama. Sembilan menit kemudian, Andrej Kramaric mampu membuat Kiper Rusia Igor Akinfeev memungut bola dari gawangnya dengan tandukan usai memanfaatkan umpan dari Mario Mandzukic.

Jalannya babak kedua
Keluar dari ruang ganti Kroasia tidak mengundurkan serangan. Mereka tetap tampil agresif guna memburu gol kedua. Namun, setiap usaha yang dilakukan belum cukup untuk melubangi gawang Akinfeev.

Hingga akhirnya peluang emas bagi Kroasia datang di menit ke-60. Sayangnya, sontekan Ivan Perisic di dalam mulut gawang usai terjadi kemelut masih membentur tiang.

Dua menit kemudian Rusia balik mengancam. Berawal dari sepak pojok, bola berhasil ditanduk Artem Dzyuba setelah memenangkan duel udara. Hanya saja, tandukannya masih sangat lemah.

Keasikan menyerang membuat Kroasia lengah. Serangan cepat Rusia yang memanfaatkan lebar lapangan nyaris berbuah gol. Beruntung sundulan Aleksandr Yerokhin di menit ke-72 berkat umpan Mario Fernandes masih melambung.

Empat menit setelahnya Kroasia mendapat kesempatan bagus untuk mencuri gol. Modric mendapat ruang tempak bagus usai menerima bola sundulan Mario Mandzukic. Akan tetapi sepakannya masih membentur tembok pertahanan Rusia termasuk juga Sime Vrsaljko yang mencocor bola muntah.

SUSUNAN PEMAIN
RUSIA (4-2-3-1)
Igor Akinfeev; Mario Fernandes, Ilya Kutepov, Sergei Ignashevich, Fedor Kudryashov; Daler Kuzyaev, Roman Zobnin; Aleksandr Samedov (Aleksandr Yerokhin 54), Aleksandr Golovin (Alan Dzagoev 102), Denis Cheryshev (Fedor Smolov 67); Artem Dzyuba (Yuri Gazinskiy 79)
Pelatih: Stanislav Cherchesov

KROASIA (4-2-3-1)
Danijel Subasic; Sime Vrsaljko (Vedran Corluka 97), Dejan Lovren, Domagoj Vida, Ivan Strinic (Josip Pivaric 74); Ivan Rakitic, Luka Modric; Ante Rebic, Andrej Kramaric (Mateo Kovacic 87), Ivan Perisic (Marcelo Brozovic 63); Mario Mandzukic
Pelatih: Zlatko Dalic

Most Popular

To Top