Nasional

Carut Marut Zonasi SMP di Kota Tangerang, Cerminan Kadis Pendidikan Kota Tidak Becus Kerja

arief walikota tangerang saat meninjau sekolah smp 3 ciledug kota tangerang

Tangerang, Ayonews.com – Pemkot Kota Tangerang mulai menerapkan sistem zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP 2018. Zonasi ditetapkan berdasarkan wilayah tingkat RW.

Dengan penerapan tersebut, beberapa siswa yang tinggal berbeda RW namun satu Kelurahan tidak dapat diterima disekolah yang hanya berjarak 100 meter dari sekolah tersebut ,Sebab, sekolah yang selama ini dinilai favorit berada di kecamatan ciledug terletak di kelurahan sudimara barat, namun warga tidak dapat menikmati pendidikan di sekolah yang berada di lokasi siswa tinggal, malah semua siswa berasal dari kecamatan lain,

Misalnya di SMPN 3 Ciledug kota tangerang yang terletak di Kelurahan Sudimara barat, Kecamatan Ciledug. SMP berkualitas menengah tersebut hari ini menjadi pilihan utama.
“Di zonasi saya, SMP 3 ini yang paling bagus. Sebenarnya kalau tidak ada zonasi ya pengin daftar ke SMP 1 atau SMP 5 yang kualitasnya lebih bagus,” kata idham, warga Kelurahan sudimara barat saat ditemui di SMPN 3 Ciledug, Selasa (3/7/2018).

Dia mengaku sedikit kecewa dengan penerapan zonasi. Karena perapan zonasi hanya lingkup RW , apakah pemerintah kota tangerang (walikota Arief )sudah dapat membangun sekolah di tiap kelurahan, saya tinggal satu kelurahan dengan SMP 3 namun tidak masuk zonasi, jelas Idham

“Anak kan sudah planning mau sekolah di sana agar berprestasi, fasilitasnya lebih baik, kegiatan ekstrakurikulernya juga lebih banyak,” katanya.

Orang tua murid lainnya, juga memiliki pendapat serupa. Namun dia yakin juknis Kadis pendidikan kota tangerang tidak benar, tidak becus membuat aturan zonasi, zonasi kok hanya tingkat RW, harusnya minimal ya tingkat kelurahan , ini sangat bodoh sekali juknis Zonasi dibuat tingkat RW , jelas santoso
“Dengan jarak yang dekat ini, anak kan tidak perlu naik motor, kalau ada apa-apa juga dekat,” ujar santoso.

Sementara itu, Ketua Panitia PPDB SMPN 3 Ciledug Kota Tangerang, Sahroni, mengatakan sekolahnya hanya menjalan kan juknis yang dikeluarkan Kadis Pendidikan kota tangerang.

Kepala dinas pendidikan kota tangerang Abdul Suratman , sulit kami hubungi untuk meminta konfirmasi tentang zonasi , baik lewat telpon maupun di kantornya.

Most Popular

To Top