Olahraga

Jadi Pahlawan Adu Penalti Inggris, Ini Kunci Sukses Pickford

Kiper Inggris Jordan Pickford mengagalkan penalti Carlos Bacca pada 16 besar Piala Dunia 2018 di Spartak Arena, Rabu (4/7/2018) dini hari WIB. (Foto-Foto: FIFA.com)

MOSKOW, Ayonews.com – Kiper Inggris Jordan Pickford menjawab kritik banyak pihak dengan penampilan gemilang dalam adu penalti kontra Kolombia pada 16 besar Piala Dunia 2018 di Spartak Arena, Moskow, Rabu (4/7/2018) dini hari WIB.

Pada adu tos-tosan itu, Pickford sukses memblok eksekusi Carlos Bacca, penendang kelima Kolombia. Sehingga, Inggris bisa merayakan kemenangan 4-3 setelah Eric Dier sukses menuntaskan tugasnya sebagai algojo.

Kepahlawanan kiper Everton itu menepis semua cercaan kepadanya saat gagal menahan sepakan gol Adnan Janujaj kala Inggris takluk 0-1 dari Belgia pada laga terakhir fase grup. Bahkan, kiper Belgia Thibaut Courtois menyebut Pickford terlalu kecil.

Namun, kiper jebolan akademi Sunderland itu menjawabnya dalam adu penalti kontra Kolombia. Kegemilangannya membuat Inggris memenangi duel tos-tosan setelah gagal tiga kali beruntun pada edisi 1990, 1998, dan 2006.

Ternyata sebelum pertandingan ini digelar, Pickford sudah melakukan riset tentang cara para pemain Kolombia melakukan tendangan penalti.

“Saya banyak melakukan riset terhadap mereka, dan saya punya kekuatan dan kelincahan,” kata Pickford kepada ITV.

“Saya tidak peduli jika bukan penjaga gawang terbesar, karena ini tentang berada di sana pada saat itu dan membuat penyelamatan, dan saya melakukannya,” ujarnya.

Kegembiraan juga dirasakan Dier yang menjadi penendang penentu. Dia mengaku sempat tertekan jelang melakukan eksekusinya.

“Itu adalah saat yang menegangkan. Saya gugup, karena tidak pernah benar-benar berada dalam situasi seperti itu. Tapi saya merasa harus mencetak gol setelah sundulan yang saya lewatkan di akhir pertandingan. Jadi saya bersyukur bisa mencetak gol,” ucap gelandang Tottenham Hotspur itu.

Most Popular

To Top