Olahraga

Inggris Menang Adu Penalti, Kane: Dampaknya Besar

Penyerang timnas Inggris Harry Kane merayakan gol yang dicetaknya ketika Inggris mengalahkan Kolombia lewat adu penalti, Rabu (4/7/2018) dini hari WIB. (Foto: TalkSport)

MOSKOW, Ayonews.com – Tim nasional Inggris lolos ke babak perempat final Piala Dunia 2018, setelah mengalahkan Kolombia lewat adu penalti 4-3 di Otkrytiye Stadium, Rabu (4/7/2018) dini hari WIB, pada laga 16 besar. Menurut Kapten Inggris Harry Kane, dampak dari keberhasilan tersebut sangat besar.

Sebelumnya, pada waktu normal kedua tim bermain imbang 1-1. Kane mencetak gol lebih dulu di menit ke-53 lewat eksekusi penalti. Namun, bek Kolombia Yerry Mina menyamakan kedudukan ketika masa injury time babak kedua memasuki menit ke-3.

Pada fase adu penalti, dua eksekutor Kolombia Mateus Uribe dan Carlos Bacca gagal melakukan tugasnya dengan baik. Sedangkan di kubu Inggris, hanya Jordan Henderson yang tak berhasil mencetak gol.

Kemenangan itu menjadi yang perdana bagi The Three Lions pada babak adu penalti di Piala Dunia. Sebelumnya, babak tersebut kerap menjadi momok dan berandil dalam kegagalan mereka melaju lebih jauh di ajang 4 tahunan tersebut.

Menurut Kane kemenangan ini memiliki nilai besar. Untuk Inggris yang pada ajang kali ini diisi oleh pemain muda, hasil positif tersebut akan memberikan dampak, khusunya bagi mentalitas timnya.

“Kami sering membicarakan sebagai sebuah tim yang kurang berpengalaman, serta panjang. Namun, kami mampu berkembang banyak di lapangan malam ini. Sebuah emosi yang bercampur aduk, naik dan turun, bahkan hal itu terjadi di adu penalti. Rekan-rekan begitu fantastis,” tuturnya dilansir Sky Sports.

“Adu penalti lebih mengutamakan mental dan jelas kami sadar Inggris tak begitu bagus di masa lalu. Menyenangkan bisa melepaskan satu beban itu dari pundak. Kami akan semakin percaya diri untuk maju,” ujar Kane.

Gol Kane di laga itu merupakan yang keenam di Piala Dunia 2018. Raihan tersebut, membuatnya menjadi pencetak gol terbanyak sementara. Namun, Kane merasa keberhasilan tim lebih penting dan itu membuat kepercayaan Inggris bisa melaju lebih jauh lagi semakin besar.

“Pencapaian ini membuat keyakinan kami menjadi tinggi. Memang masih banyak yang harus dilewati, namun sebagai tim kami akan selalu bersatu. Hasil ini akan memberikan tim lebih banyak kepercayaan begitu juga dari para pendukung di rumah,” ucapnya.

“Sangat bangga. Ada begitu banyak emosi di pertandingan. Saya pikir kami bermain baik, mengontrol permainan dan jelas kami tak begitu beruntung ketika kebobolan pada menit terakhir pertandingan,” ujar bintang Tottenham Hotspur itu.

Inggris sudah cukup lama tak bermain ke perempat final, mengingat terakhir kali mereka maju ke fase tersebut pada Piala Dunia 2006. Pada babak itu, mereka akan menghadapi Swedia yang mengalahkan Swiss 1-0, Selasa (6/4/2018) malam.

Most Popular

To Top