Internasional

Taklukkan Meksiko, Brasil Pastikan Tiket Perempat Final

SAMARA, Ayonews.com – Tim nasional Brasil berhasil menang 2-0 atas Meksiko pada babak 16 besar Piala Dunia 2018 di Samara Arena, Senin (2/7/2018) malam WIB. Hasil postif tersebut memastikan Tim Samba melaju ke perempat final.

Di luar dugaan Meksiko bisa menekan Brasil di awal permainan. Pada menit ke-11 Javier “Chicharito” Hernandez merangsek ke area pertahanan Tim Samba dan langsung melepaskan tembakan keras. Sayang, peluang Chicharito masih bisa digagalkan Thiago Silva.

Tujuh menit berselang, giliran Hirving Lozano yang mengancam. Berawal dari serangan balik, Lozano dengan cepat berada di kotak penalti Brasil dan mengirimkan tendangan kaki kanan yang akurat. Namun usaha pemain bernomor punggung 22 itu diblok Felipe Luis.

Tak ingin terus-terusan ditekan, Brasil berinisiatif membangun serangan dari sayap kiri lapangan yang dimotori Neymar Jr. Tapi solidnya lini pertahanan Meksiko yang dipimpin Carlos Salcedo membuat pemain Paris Saint-Germain itu kesulitan melepaskan tendangan ke gawang.

Pada menit ke-33, Brasil akhirnya memiliki peluang emas. Gabriel Jesus berhasil meneruskan umpan matang dari Philippe Coutinho dengan tendangan keras. Namun, sepakan penggawa Manchester City itu masih mampu diantisipasi kiper Meksiko Guillermo Ochoa. Skor kacamata bertahan hingga turun minum.

Enam menit babak kedua bergulir, Brasil akhirnya mampu memecah kebuntuan. Aksi brilian Willian dari sayap lapangan diakhiri dengan umpan ke mulut gawang. Berdiri bebas, Neymar leluasa mencocor si kulit bundar dan memaksa Ochoa memungut bola dari gawangnya.

Unggul satu gol tak membuat Brasil mengendurkan serangan. Pada menit ke-64 Willian kembali mengancam. Mendapat ruang, penggawa Chelsea itu melepaskan tembakan keras dengan kaki kanannya. Sayang usahanya masih bisa diamankan Ochoa.

Satu menit sebelum waktu normal usai, Brasil bisa menggandakan keunggulan. Umpan tarik Neymar mampu dkonversi menjadi gol oleh pemain pengganti Roberto Firmino.

SUSUNAN PEMAIN
BRASIL (4-2-3-1)
Allison; Fagner, Silva, Miranda, Filipe Luis; Paulinho (Fernandinho 80), Casemiro; Willian (Marquinhos 90), Coutinho (Firmino 86), Neymar; Jesus
Pelatih: Tite

MEKSIKO (4-3-3)
Ochoa; Alvarez (Dos Santos 55), Ayala, Salcedo, Gallardo; Herrera, Marquez (Layun 46), Guardado; Vela, Hernandez (Jimenez 60), Lozano
Pelatih: Juan Carlos Osorio

Most Popular

To Top