Nasional

Proses Evakuasi Korban Kapal Tenggelam di Selayar Masih Berlangsung

BULUKUMBA, Ayonews.com – Proses evakuasi terhadap korban Kapal Motor (LM) Lestari Maju yang karam di perairan Selayar, Sulawesi Selatan (Sulsel) masih berlanjut hingga Selasa (3/7/2018) sore.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Bulukumba, Zainuddin mengatakan bahwa Kapal KM Lestari Maju sedang berlayar menuju Kabupaten Selayar yang diindikasikan kemasukan air akibat cuaca buruk pukul 14.30 wita.

“Para penumpang kapal Lestari Maju saat ini sedang dalam proses evakuasi oleh kapal-kapal nelayan dan tim evakuasi dari Basarnas. Karena kapal-kapal besar tidak dapat mendekat dikarenakan cuaca buruk,” kata Zainuddin dalam keterangan tertulisnya, Selasa (3/7/2018).

Dia menjelaskan, kapal yang karam itu membawa 139 penumpang, 18 unit kendaraan roda dua, 14 unit kendaraan roda dual, 8 unit kendaraan golongan 5, dan 8 unit kendaraan golongan 6. Totalnya, kapal yang nahas membawa 48 unit kendaraan.

Saat ini kapal tersebut telah dikandaskan di perairan Selayar, sekitar 300 meter dari Pantai Pabadilang. Sebagian penumpang telah berhasil dievakuasi sedangkan sisanya lagi masih berada di atas kapal.

“Seluruh penumpang telah mengenakan jaket keselamatan (life jacket) serta telah mengikuti prosedur keselamatan di atas kapal dengan panduan dari Nakhoda dibantu kru kapal,” ujarnya.

Ditjen Perhubungan Laut terus memonitor dan memberikan bantuan semaksimal mungkin guna mengevakuasi para penumpang KM Lestari Maju tersebut.

Informasi yang dirangkum, kronologi tenggelamnya kapal berawal saat KMP Lestari Maju bertolak dari Pelabuhan Bira Kabupaten Bukukumba dengan tujuan Pelabuhan Pamatata, Kabupaten Kepulauan Selayar Selasa (3/7/2018) pukul 10.00 Wita.

Sekitar pukul 13.40 Wita, kapal diduga mengalami masalah kebocoran. Air masuk melalui dek di lantai bawah. Kapal Lestari Maju kemudian merapat ke Pantai Pabbadilan, Desa Bungayya, Kecamatan Bontomatene, Kabupaten Kepulauan Selayar. Kapal karam setelah salah satu lambung diduga mengalami kebocoran.

Most Popular

To Top