Internasional

Pria 25 Tahun Ini Jadi Menteri Termuda Sepanjang Sejarah Malaysia

KUALA LUMPUR, Ayonews.com – Syed Saddiq Abdul Rahman dilantik sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga oleh Perdana Menteri Mahathir Mohamad, Senin (2/7/2018). Dia menjadi menteri termuda sepanjang sejarah negara itu, yakni dilantik di usia 25 tahun.

Posnya itu memang kerap diisi oleh menteri-menteri berusia muda. Pendahulu Syed, Khairy Jamaluddin, dilantik di usia 37 tahun lima tahun lalu dan menjadi menteri termuda saat itu.

Syed menamatkan S1 di Universitas Islam Internasional dan baru-baru ini dia melanjutkan studi master Kebijakan Publik di Universitas Oxford.

Di antara prestasinya adalah mendapat gelar Best Speaker tingkat Asia di Asian British Parliamentary (ABP) Debating Championship selama tiga kali. Setelah itu dia mendirikan klub debat.

Syed terjun ke politik di pemilu ke-14 tahun ini dengan maju menjadi anggota parlemen dari Muar dan memenangkannya, melawan petahana dari Barisan Nasional, Razali Ibrahim.

Terpilihnya Syed mendapat respons dari para pejabat, terutama stakeholders kementerian.

“Saya pikir ini adalah pilihan yang paling tepat mengingat usia dan vitalitasnya. Kami berharap dapat bekerja sama dengan Syed Saddiq serta berharap mendapatkan dukungan penuh terutama dengan Asian Games di Indonesia lebih dari sebulan lagi,” Abdul Azim Mohd Zabidi, ketua kontingen Malaysia di Asian Games 2018, dikutip dari The Straits Times.

“Dia muda dan akan membawa ide-ide baru untuk industri olahraga di Malaysia. Saya berharap akan ada lebih banyak dukungan untuk motorsport,” kata Nabil Jeffri, seorang pembalap yang ambil bagian dalam ajang ketahanan Le Mans 24 Hours di LeMans, Prancis.

Mahathir melantik 13 menteri baru dan 23 wakil menteri, melengkapi menteri yang sudah dilantik sebelumnya. Tidak lebih dari 30 menteri mengisi kabinet pemerintahan Mahathir.

Most Popular

To Top