Nasional

Penyebab Karamnya Kapal Feri Lestari Maju di Perairan Selayar

Detik-detik karamnya Kapal Feri Lestari Maju di di Perairan Selayar, Selasa (3/7/2018). (Foto: Istimewa)

SELAYAR, Ayonews.com – Kapal Feri Lestari Maju diduga mengalami kerusakan mesin akibat kebocoran pada bagian lambung kapal sebelum akhirnya karam di Perairan Selayar, Selasa (3/7/2018). Selain itu, kondisi cuaca dan ombak yang tidak bersahabat diduga membuat kapal tersebut tenggelam.

Kapolres Selayar, AKBP Syamsu Ridwan mengatakan, kapal tersebut sebelumnya berlayar dari Bulukumba menuju Selayar. “Untuk sementara data yang kami peroleh bahwa kapal tersebut sempat rusak mesinnya. Dan didukung oleh cuaca yang juga buruk hingga kapal itu terseret arus dan nyaris tenggelam,” kata Syamsu melalui sambungan telepon, Selasa (3/7/2018).

Syamsu belum berani memastikan apakah ada dugaan kelebihan muatan dalam peristiwa karamnya kapal tersebut. Dia mengaku masih akan berkoordinasi dengan Polres Bulukumba untuk mendapatkan data mengenai manifes perjalanan.

Proses evakuasi dilakukan dengan menurunkan dua kapal dari Polres Selayar. “Untuk saat ini bisa kami sampaikan bahwa kapal tersebut sudah berada di atas karang. Saat ini masih dalam proses evakuasi penumpang dari kapal menuju ke daratan. Penumpang dalam keadaan panik saat dievakuasi,” ucapnya.

Belum diketahui adanya korban jiwa dalam kejadian ini. “Kami berharap tidak ada korban luka maupun meninggal dunia dalam kejadian ini. Kami minta doanya dari rekan-rekan sekalian. Evakuasi masih terus berlansung,” ucapnya.

Dari informasi yang dihimpun, perairan Selayar dalam beberapa hari terakhir sedang dilanda ombak tinggi dan cuaca buruk. Namun tidak diketahui apakah ada larangan berlayar terkait kondisi tersebut.

Most Popular

To Top