Uncategorized

Karam di Perairan Selayar, Kelaikan KM Lestari Maju Dipertanyakan

JAKARTA, Ayonews.com – Anggota Komisi V DPR dari Fraksi Partai Gerindra, Bambang Haryo Soekartono, mempertanyakan kelayakan dan standardisasi dari Kapal Motor (KM) Lestari Maju yang karam di Perairan Selayar, Sulawesi Selatan, siang tadi. Menurut dia, setiap kapal yang ada di Indonesia harus lulus dalam uji standardisasi dengan mengukur standar kemaritiman yang berlaku secara internasional.

“Tentu kalau sampai terjadi kebocoran, ini tentu pemerintah harus segera melakukan analisis apakah pada saat menstandardisasikan kapal ini dilakukan secara maksimal?” kata Bambang di Kompleks Parlemen Senayan, Selasa (3/7/2018).

Dia menuturkan, jika sampai terjadi kebocoran pada kapal yang sedang berlayar, itu berarti yang bertanggung jawab adalah pihak pemeriksa atau dalam hal ini pemerintah. Bambang berpendapat, Biro Klasifikasi Indonesia (BKI)—selaku badan yang bertugas melakukan klasifikasi dan standardisasi terhadap kapal-kapal yang beroprasi secara reguler di perairan Indonesia—juga mesti ditanyakan terkait kelaikan KM Lestari Maju.

BACA JUGA:

Ini Daftar Nama 12 Korban Meninggal Tenggelamnya KM Lestari Maju

Begini Cerita Penumpang saat Detik-Detik Kapal Tenggelam di Selayar

BPD Sulselbar: Uang Rp30 Miliar yang Tenggelam Sudah Diasuransikan

“Kuat dugaan, pemerintah yang ada pada waktu penstadardisasian (kapal) itu tidak melakukannya dengan baik,” ucap Bambang.

Untuk itu, dia meminta pemerintah melalui Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk segera menganalisis atas peristiwa karamnya KM Lestari Maju. Selain itu, dia juga mendesak Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP atau Basarnas) agar bergerak cepat untuk mengevakuasi para korban di Perairan Selayar.

Most Popular

To Top