Gaya Hidup

Hindari Tekanan Darah Rendah dengan Deretan Makanan Ini

JAKARTA, Ayonews.com – Tekanan darah tinggi bisa menyebabkan beragam penyakit tak menular yang mematikan seperti jantung dan stroke. Sebaliknya, tekanan darah rendah bisa memicu ragam gejala yang mengganggu aktivitas Anda.

Tekanan darah rendah atau biasa disebut hipotensi, kerap menimbulkan gejala seperti pusing, kepala terasa ringan, lelah, pandangan kabur, mual, muntah, hingga pingsan.

Biasanya, mereka yang menderita hipotensi ini memiliki tekanan darah di bawah 90/60 mmHg, sementara yang normal berkisar 90/60-120/80 mmHg. Penyebab rendahnya tekanan darah biasanya dipicu oleh dehidrasi, anemia, diet, kehilangan darah yang ekstrim, gula darah rendah, dan obat-obatan.

Disebutkan jika makanan memengaruhi tekanan darah Anda. Nah, ternyata ada beberapa makanan yang dapat meningkatkan tekanan darah Anda. Apa saja? Yuk simak deretan makanannya, seperti dirangkum Ayonews.com, Senin (2/7/2018).

Pastikan Anda Cukup Air Putih

Sebelum beralih ke makanan-makanan yang dapat meningkatkan tekanan darah, pastikan jika Anda cukup minum air putih. Sebab, dehidrasi atau kekurangan cairan dapat menyebabkan tekanan darah Anda rendah. Apalagi jika Anda sering berolahraga, tetap terhidrasi sangat penting bagi Anda.

Makanan Mengandung B-12

Tak cuma kekurangan air saja yang menyebabkan Anda terkena gejala anemia, tetapi juga kekurangan vitamin B-12. Oleh sebab itu, rajinlah konsumsi makanan yang mengandung B-12, di antaranya telur dan daging sapi.

Makanan Tinggi Folat

Sama dengan vitamin B-12, kekurangan kandungan folat dalam tubuh juga dapat menyebabkan tekanan darah Anda rendah. Maka direkomendasikan juga untuk mengonsumsi makanan yang tinggi folat, seperti asparagus, kacang, dan hati.

Garam

Jika mereka yang rentan darah tinggi harus mengurangi asupan garam, sebaliknya dengan mereka yang memiliki tekanan darah rendah. Sebab, garam ternyata bisa menaikkan tekanan darah secara alami. Jadi, carilah makanan-makanan asin dan gurih menurut Anda. Jangan lupa cek rutin tekanan darah Anda agar tak kebablasan.

Kafein

Tak cuma makanan, ternyata ada minuman yang dapat meningkatkan tekanan darah secara alami. Misalnya saja, minuman-minuman berkafein seperti kopi dan teh. Sebab, menurut penelitian, kafein dapat merangsang sistem kardiovaskular dan meningkatkan detak jantung Anda.

Most Popular

To Top