Nasional

Gunung Agung Kembali Erupsi, Lontarkan Lava Pijar Sejauh 2 Kilometer

DENPASAR, Ayonews.com – Gunung Agung kembali erupsi dengan memutahkan lava pijar, Senin (2/7/2018) pukul 21:04 wita. Kolom abu teramati berwarna kelabu menyembur kurang lebih 2.000 meter di atas puncak gunung api setinggi ± 5.142 meter di atas permukaan laut.

“Telah terjadi erupsi terjadi secara strombolian dengan suara dentuman. Lontaran lava pijar teramati keluar kawah mencapai jarak 2 kilometer (km),” tulis akun Magma Indonesia melalui @id_magma di akun twitter resminya, Senin (2/7/2018).

Erupsi tersebut terekam di alat seismogram dengan amplitudo maksimum 24 mm dan durasi ± 7 menit 21 detik. Kolom abu dengan intensitas tebal condong bergerak ke arah barat.

Meski terus menerus erupsi, hingga saat ini status Gunung Agung pada status Level III (Siaga). Badan Geologi Kementerian Eneri dan Sumber Daya Mineral mengeluarkan dua rekomendasi.

Pertama, masyarakat mau pun pendaki dan wisatawan agar tidak berada dan beraktivitas di Zona Perkiraan Bahaya. Yakni di seluruh area di dalam radius 4 km dari Kawah Puncak Gunung Agung.

Kedua, masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder, sepeti aliran lahar hujan.

Most Popular

To Top