Kesehatan

Tidak Perlu Biaya Mahal, Kebiasaan Ini Dijamin Bikin Tubuh Anda Awet Muda!

Jakarta Ayonews.com,- Sebagian orang rela merogoh kocek cukup dalam untuk tetap awet muda. Mulai dari tanam benang, botoks, hingga operasi plastik. Padahal, efek jangka panjang dari treatment itu berbahaya! Lalu, apakah ada rahasia untuk tubuh awet muda yang aman dan murah meriah?

Dilansir dari Economic Times, Kamis (28/6/2018) cara yang paling mudah dan aman untuk awet muda adalah berolahraga! Tidak sekadar olahraga, durasi dan intensitasnya pun ternyata membawa dampak besar, khususnya untuk manfaat awet muda ini.Penelitian mengungkapkan bahwa berolahraga empat hingga lima kali dalam sehari dapat membantu jantung Anda tetap sehat dan bisa memperlambat penuaan.

Saat berolahraga selama dua sampai tiga hari seminggu selama sekitar 30 menit, hal ini bisa meminimalkan kekakuan arteri berukuran sedang. Lalu, berolahraga empat hingga lima hari dalam seminggu dipercaya dapat menjaga arteri pusat yang lebih besar dan ini membantu tubuh Anda tetap muda.

“Penelitian ini membantu mengembangkan program latihan untuk menjaga jantung tetap muda dan bahkan mengembalikan kesehatan jantung dan pembuluh darah”, kata salah satu penulis studi, Benjamin Levine dari Universitas Texas.

Dengan usia, arteri – yang mengangkut darah masuk dan keluar dari jantung – menjadi rentan terhadap kekakuan, meningkatkan risiko penyakit jantung. Di sisi lain, penelitian yang dipublikasikan di The Journal of Physiology, tim meneliti 102 orang di atas 60 tahun dengan riwayat latihan seumur hidup yang konsisten.

Para peserta dibagi menjadi empat kelompok tergantung pada riwayat latihan mereka, antara lain;

Pemula: kurang dari 2 sesi latihan per minggu; Latihan Kasual: 2-3 sesi latihan per minggu; Latihan Berlatih: 4-5 sesi latihan per minggu dan Atlet Master: 6-7 sesi latihan per minggu.

Riwayat panjang olahraga kasual (dua-tiga kali seminggu) menghasilkan arteri yang lebih muda berukuran menengah, yang memasok darah beroksigen ke kepala dan leher.

Namun, olahraga yang berkomitmen (4-5 kali per minggu) juga memiliki arteri sentral besar yang lebih muda, yang memberikan darah ke dada dan perut, di samping yang lebih sehat berukuran menengah. Arteri yang lebih besar membutuhkan latihan yang lebih sering untuk memperlambat penuaan, kata para peneliti.

“Temuan ini membantu melihat jika Anda dapat membalikkan penuaan pembuluh darah dan jantung dengan menggunakan jumlah latihan yang tepat pada waktu yang tepat”, ungkap Levine.

Most Popular

To Top