Nasional

7 Fakta Skema Baru Pensiun PNS, TNI, dan Polri

JAKARTA, Ayonews.com – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) tengah menyiapkan skema pensiun baru untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS). Skema ini dibuat agar PNS dapat hidup lebih sejahtera di masa pensiun.

Skema baru ini masih dimatangkan pemerintah. Selama ini pensiunan PNS mendapatkan penghasilan yang lebih sedikit, sehingga dibutuhkan sistem baru yang lebih baik. Berikut sejumlah fakta mengenai skema baru yang dirangkum Ayonews.com:

1. PNS Bisa Kantongi Uang Pensiun Rp20 Juta per Bulan

Skema baru ini dipastikan membuat PNS menerima dana pensiun lebih banyak karena potongan jaminan hari tua dihitung berdasarkan total penghasilan (take home pay), bukan hanya gaji pokok yang diterima selama ini.

Untuk pensiunan PNS yang memiliki jabatan setingkat eselon I saat ini hanya menerima sekitar Rp4,5-5 juta per bulan. Dengan skema baru, bisa mencapai Rp20 juta per bulan.

2. PNS Punya Rumah Sendiri Saat Pensiun

Dengan skema baru, pemerintah akan mengarahkan uang pensiun PNS ke model investasi yang lebih bermanfaat. Salah satunya investasi di sektor properti agar PNS bisa menikmati rumah sendiri ketika mulai pensiun. Untuk itu, pemerintah tengah menyiapkan komplek perumahan atau apartemen khusus untuk PNS.

3. Berlaku Mulai 2020

Skema pensiunan baru ini rencananya akan diterapkan pada tahun 2020. Hal ini guna memberikan waktu bagi pemerintah pusat dan daerah untuk melakukan sinkronisasi APBN dan APBD soal dana pensiun.

4. Lembaga Dana Pensiun PNS

Pemerintah tengah mengkaji sejumlah aturan yang yang masih disiapkan oleh Menkeu dan Menpan-RB. Salah satu yang tengah dikaji yaitu keberadaan lembaga baru yang secara khusus akan mengatur dana pensiun PNS. Di negara-negara maju, ada lembaga khusus yang menginvestasikan dana pensiun dengan baik sehingga bisa memberikan manfaat optimal bagi pensiunan.

5. Menghemat APBN

Pemerintah berharap skema pensiunan PNS ini dapat menekan belanja APBN atas pensiun PNS yang diperkirakan mencapai Rp100 triliun di tahun 2017. Saat ini, Menteri Keuangan masih menaksir total pengurangan beban APBN akibat implementasi skema dana pensiun tersebut karena

6. Berlaku Bukan Hanya untuk PNS Baru

Pemerintah akan menggunakan skema pensiun ini untuk PNS baru dan lama. Untuk PNS lama, akan ada dua model untuk menghitung uang pensiunnya yaitu skema pensiun lama saat bekerja sebelum 2020 dan skema baru dengan menghitung sisa masa kerja setelah 2020.

7. Kemungkinan Bisa Lumpsum

Dalam skema ini, pemerintah berencana mengubah pemberian uang pensiun apakah akan dilakukan secara langsung (lumpsum) saat dia masuk masa pensiun atau bertahap setiap bulan layaknya gaji. Nantinya, opsi ini tergantung pilihan pensiunan yang bersangkutan.

Most Popular

To Top