Nasional

Terendam Banjir, TPS Dialihkan ke Lokasi Pengungsian

Distribusi logistik pilkada menggunakan rakit karena lokasi ke TPS di Desa Lamokula, Kecamatan Moramo Utara, Konawe Selatan, masih banjir.

KONAWE SELATAN, Ayonews.com – Sejumlah lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tergenang banjir di Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara (Sultra) terpaksa dialihkan ke tempat aman, seperti lokasi pengungsian. Sementara pendistribusian logistik juga sempat terkendala karena kondisi yang masih banjir.

Proses distribusi logistik ke beberapa wilayah di Kabupaten Konawe Selatan yang terkena dampak banjir terparah mendapat pengawalan ketat dari petugas gabungan yang melibatkan kepolisian, panwas, serta panitia penyelenggara pemilu.

Salah satu TPS yang dialihkan berada di Desa Lamokula, Kecamatan Moramo Utara. Sebelumnya TPS telah ditentukan di balai desa. Namun karena bangunan masih terancam banjir, petugas terpaksa mengalihkan TPS ke tempat pengungsian korban banjir dengan membentuk pos darurat.

Petugas terpadu juga sempat kesulitan mendistribusikan logistik karena beberapa alat transportasi darat tidak dapat melalui jalan yang masih digenangi banjir di Desa Lamokula Petugas Polres Konawe Selatan harus menggunakan rakit untuk sampai ke lokasi tujuan.

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Konawe Selatan AKBP Hamka Mapaita saat bersama petugas terpadu mendistribusikan logistik mengaku pihaknya tetap mengawal secara ketat logistik pilkada meskipun kondisi banjir melanda beberapa daerah. Banjir ini tidak menjadi halangan untuk mengawal pendistribusian logistik Pemilu.

“Semua sudah kami distribusikan dengan baik. Ada satu TPS di sini yang terhalang air, namun sudah bisa diatasi. TPS rencananya di balai desa. Karena kondisi air masih tinggi, akhirnya kesepakatan dengan pelaksana pemilu baik KPPS maupun PPK, TPS dialihkan ke bangunan sekolah yang tempatnya lebih tinggi. Kebetulan ini jadi tempat pengungsian masyarakat yang jadi korban bencana banjir,” papar Hamka Mapaita.

Sementara itu, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Konawe Selatan Hamirudin Udu mengatakan, pihaknya akan tetap mengawasi secara intens lokasi pemilihan yang sulit dijangkau, khususnya di daerah yang terkena dampak bencana alam. Bawaslu perlu memastikan logistik yang didistribusikan tiba tepat waktu dan tidak rusak karena pengaruh banjir.

“Ini yang menjadi salah satu tujuan kami datang ke sini, yakni untuk memastikan logistik itu tidak bermasalah. Kemudian walaupun ada banjir, apakah nanti ini akan berpengaruh terhadap pelaksanaan pemungutan suara besok atau tidak,” papar Hamiruddin Udu.

daru virgo

Most Popular

To Top