Politik

Satpol PP Tertibkan 5.903 Alat Peraga Kampanye Pilgub Jabar di Bekasi

CIKARANG, Ayonews.com – Aparat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bekasi menertibkan ribuan alat peraga kampanye (APK) yang digunakan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Barat 2018. Penertiban tersebut dilakukan selama masa tenang, sejak Minggu (24/6/2018) sampai hari ini.

“Alhamdulillah sudah selesai ditertibkan semua hari ini alat peraga dan bahan jenis kampanyenya,” ujar Kepala Satpol PP Kabupaten Bekasi, Hudaya, di Cikarang, Selasa (26/6/2018).

Dia mengatakan, kegiatan penertiban APK berlangsung di 23 kecamatan se-Kabupaten Bekasi, meliputi ruas jalan protokol dan arteri yang ada. Sebanyak 5.903 APK yang sudah ditertibkan terdiri atas delapan lembar billboard, 1.230 unit spanduk, 391 baliho, 199 lembar umbul-umbul, 2.550 unit banner, dan 279 lembar bendera.

Kemudian, untuk jenis bahan kampanye yang telah ditertibkan di antaranya berupa delapan unit flyer, 32 lembar leaflet, 204 pamflet, 179 poster, serta 823 lembar stiker. Hudaya menjelaskan, kegiatan penertiban tersebut melibatkan 140 personel Satpol PP Kabupaten Bekasi yang disebar ke tiap kecamatan di wilayah setempat.

“Pembagiannya, dalam satu kecamatan minimal ada lima personel kami yang turun ke sana,” tuturnya.

Selanjutnya APK dan bahan jenis kampanye yang sudah ditertibkan tersebut disimpan di masing-masing Kantor Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di Kabupaten Bekasi. “Karena dalam hal ini Satpol PP hanya bertugas menertibkan alat peraga kampanye sebelum memasuki tahap pencoblosan besok,” katanya.

Hudaya mengimbau kepada segenap pasangan kandidat calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat, khususnya tim sukses dan pemenangan calon, untuk menghormati masa tenang dengan tidak beraktivitas ataupun memasang atribut kampanye.

“Berikan waktu kepada masyarakat untuk menimbang, memikirkan, dan memutuskan siapa yang akan dipilih esok, jangan ada intimidasi kepada pemilih,” ucapnya.

Most Popular

To Top