Pilgub

Di Panggung Nasional Perang Urat Syaraf, di Daerah Mereka Bersatu Memenangkan Calon Kepala Daerah

Ayonews, Jakarta 

‘TakAda Kawan dan Lawan yang Abadi’. Begitulah  adagium dalam berpolitk. Boleh saja partai-partai perang urat syaraf di panggung nasional.

Namun realitas di daerah-daerah, mereka berkoalisi untuk memenangkan  pilkada.

Sudah jadi rahasia umum bahwa PDIP yang merupakan partai pendukung pemerintah kerap berseberangan dengan Partai Gerindra dan PKS, yang memposisikan diri sebagai oposisi. Namun ternyata ketiga partai itu cukup banyak bekerja sama di pilkada

Dikutip dari situs KPU, PDIP dan Gerindra berkoalisi di 48 daerah. Detailnya, kedua partai itu bekerja sama di 5 pemilihan tingkat provinsi, 37 pemilihan tingkat kabupaten, dan 6 pemilihan tingkat kota.

Sementara itu, PDIP dan PKS berkoalisi di 33 daerah. Kedua partai bekerja sama di 3 pemilihan tingkat provinsi, 24 pemilihan tingkat kabupaten, dan 6 pemilihan tingkat kota.

Data di atas menunjukkan kerja sama antara PDIP-Gerindra dan PDIP-PKS tidak lebih sedikit dibandingkan koalisi Gerindra-PKS di Pilkada Serentak 2018. Masih dari situs KPU, PDIP-Gerindra-PKS tercatat berkoalisi di 21 daerah, detailnya di 2 pemilihan tingkat provinsi, 16 pemilihan kabupaten, dan 3 pemilihan tingkat kota.(***)

Most Popular

To Top