Politik

Demokrat: Pertemuan SBY-JK Buka Peluang Koalisi Alternatif

Pertemuan Wapres Jusuf Kalla dengan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono.

JAKARTA, Ayonews.com – Pertemuan Wakil Presiden Jusuf Kalla dengan Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mendapat sambutan positif dari elite Partai Demokrat. Pertemuan itu dimaknai sebagai penjajakan awal untuk membuka peluang koalisi antara Partai Demokrat dan Partai Golkar.

Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Panjaitan mengatakan, peluang koalisi Partai Demokrat dan Partai Golkar bisa saja terjadi karena peta koalisi untuk Pilpres 2019 masih sangat cair. Terlebih lagi, dalam politik tidak ada yang tidak mungkin.

“Jika PDIP saat ini sudah ada koalisinya. Begitu juga Gerindra, maka diharapkan pertemuan ini membuka peluang koalisi alternatif Golkar-Demokrat. Dalam politik, tidak ada yang tidak mungkin,“ kata Hinca dalam keterangan tertulisnya, Rabu (26/6/2018).

Dia juga menyebutkan Partai Demokrat dan Partai Golkar sudah membangun koalisi dalam Pilkada 2018 di Sumatera Utara, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Papua. Di lain sisi, JK merupakan politikus senior Partai Golkar dan pernah menjadi wakil presiden yang mendampingi SBY. Karena itu, kata Hinca, SBY maupun JK dikenal sebagai sosok nasionalis yang lekat dengan kedua partai tersebut.

JK menyambangi rumah SBY di Jalan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, bersama istrinya Mufidah Jusuf Kalla, Senin (25/6/2018) malam. JK bersama Mufidah tiba di rumah SBY pukul 20.00 WIB. Kedatangan JK disambut SBY bersama Ani Yudhoyono dan putra pertamanya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Pertemuan itu berlangsung secara tertutup selama satu jam.

Hinca berharap pertemuan SBY dengan JK di rumah SBY membuat Partai Golkar dan Partai Demokrat kembali mesra. Dia menambahkan, pertemuan SBY dan JK pada Senin malam berlangsung hangat dan bersahabat. “Hadir dalam pertemuan itu mendampingi Pak SBY, Ibu Ani Yudhoyono dan Agus Yudhoyono. Pak JK didampingi oleh Ibu Ida,” ujarnya.

Usai pertemuan tersebut, JK mengatakan pertemuannya dengan SBY tidak membahas masalah politik melainkan hanya silaturahmi. “Enggak (bicara politik), bicara silahturahmi. Berapa cucu kita, bicara itu,” kata mantan Ketua Umum DPP Partai Golkar itu.

daru virgo

Most Popular

To Top